Mahasiswa teknokrat ciptakan pendasi kemacetan
en id
Sunday, 28 May 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Students' Researches

Mahasiswa teknokrat ciptakan pendasi kemacetan

  • Published: Wednesday, 27 January 2016 04:08
  • Hits: 3457

Mahasiswa perguruan tinggi teknokrat berhasil menciptakan aplikasi cerdas pendeteksi lokasi macet. Aplikasi yang di buat oleh Bezaliel Septian itu mampu menunjukan lokasi macet dan jalur alternatif untuk menhindari kemacetan tersebut ‘’penelitian itu saya lakukan karena tingginya kebutuhan akan sistem informasi penduduk perkotaan di Bandarlampung yang inggin tiba di tempat kerja tanpa terganggu kemacetan,’’kata Bezalin, minggu  (17/1),kepada lampung post.

Aplikasi untuk ponsel cerdas atau android itu dapat memberikan informasi dengan memanfaatan pemetaan, sistem itu menggunakan algoritma astar sebagai alur untuk mencari rute optimal. Peta yang di gunakan adalah maps yang telah di sediakan oleh geogle maps.

Selama meneliti untuk menciptakan aplikasi tersebut, Bezalien menghimpun data dari dinas penghubungan. Data kemacetan pada jam-jam kerja yang rawan kemacetan, yakni pukul 07.00-17.00 pada senin-jum’at,di masukan ke database aplikasi. Seluruh data yang tersimpan kemudian di olah otomatis dan ditampilkan informasi titik kemacetan kendaraan,tingkat kepadatan, dan jalur alternatif.

‘’jika di suatu titik terdapat kemacetan, aplikasi akan menampilkan kemacetan kendaraan 40 km/jam. Setelah itu, aplikasi akan memberikan jalur langsung untuk menghindari macet, ‘’kata bazalien.

Penguna yang ingin memanfaatkam aplikasi tersebut hanya perlu memasukkan titik awal dan tujuan. Data kemudian di olah server  dan hasilnya menjadi informasi lokasi terjadinya kemacetan.

‘’pada layar ponsel kemacetam itu berupa titk bulat merah di atas peta.selanjutnya pengguna akan di arahkan ke jalur alternatif dan lenggang jika jalan utama yang hendak di awali macet,’’ujarnya.

Ketua yayasan perguruan tinggi teknokrat muhathir muhammad mengatakan salah satu kuliah pendukung lahirnya inovasi tersebut adalah rekayasa perangkat lunak. ’’melalui mata kuliah yang di ajarkan, mahasiswa dapat mendalami cara-cara pengembang perangkat lunak termasuk pembuatan,pemeliharaan,dan manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak,’’kata muhathir.

Go to Top