Mahasiswa Teknokrat Ciptakan Kamera Deteksi Pencuri
en id
Sunday, 28 May 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Students' Researches

Mahasiswa Teknokrat Ciptakan Kamera Deteksi Pencuri

  • Published: Tuesday, 01 September 2015 05:35
  • Hits: 2823

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2015/April/keen1.jpg

Mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat Bandar Lampung terus menggulirkan kreativitas dan inovasi baru di bidang teknologi. Mereka selalu membuat terobosan berbagai teknologi terapan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, salah satunya mahasiswa Teknik Informatika Keen Susilo Aji.  Dia berhasil menciptakan kamera pengintai yang bisa memberikan peringatan dari pergerakan barang yang direkam dalam kamera. Ia membuat peralatan ini menyusul maraknya pencurian yang terjadi tidak hanya di minimarket, supermarket, swalayan, dan perkantoran, tetapi juga di rumah warga. 

 

Alat tersebut memberikan peringatan melalui alarm ketika barang tersebut tidak berada di tempat. Bekerja layaknya CCTV di tempat tempat umum. Keen terinspirasi dari pengalaman kehilangan barang-barang pribadinya di kontrakan tempat tinggalnya. “Dulu saya sering kehilangan laptop hingga HP di kontrakan, jadi saya tertarik membuat alat yang bisa mengintai pencurian.”

 

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2015/April/keen2.jpgBekerja seperti CCTV, tetapi Keen menambahkan program yang dapat menyimpan gambar atau objek hingga mengirim peringatan melaui sistem citra digital. “ Sistem deteksi gerak suatu benda tersebut bekerja jika objek tertangkap memiliki pososi berubah dan secara otomatis akan mengaktifkan alarm,” ujarnya. Menurut penuturan Keen, alat tersebut dapat digunakan untuk keamanan rumah, misalnya untuk mengawasi kendaraan motor yang ada di halaman rumah atau garasi. “melalui kamera, alat ini bisa merekam gambar kendaraan tersebut dan menyimpannya. Jadi, jika sewaktu-waktu motor atau kendaraan itu tidak ada di tempat dan tidak lagi tertangkap kamera, sirene akan berbunyi,” ujarnya, Rabu(1/4).

 

Keen mengaku membutuhkan waktu selama kurang lebih selama setahun untuk membuat pemograman alat yang menggunakan software Delphi tersebut. Alat ini bekerja seperti CCTV, tetapi Keen menilai selama ini CCTV hanya merekam gambar, tanpa memiliki radar untuk memberikan sinyal ketika terjadi perubahan suasana tempat yang direkam termasuk ketika terdapat barang-barang yang hilang. Keen pun kini tengah mengembangkan penemuannya yang diberi nama rancang bangun sistem keamanan yang menggunakan kamera untuk mendeteksi gerakan dan objek untuk dibuat dalam versi Android ataupun seluler. “Jadi, harapannya, ketika barang tidak tertangkap kamera, dapat memberikan peringatan langsung ke handphone melalui sms,” Kata dia. (1*S1)

 

Go to Top