en id
Wednesday, 20 September 2017

Students' Researches

Mahasiswa Teknokrat Ciptakan Kunci Otomatis

  • Published: Tuesday, 01 September 2015 09:38
  • Hits: 3817

Keahlian para pencuri semakin hebat, karena itu harus dipikirkan bagaimana caranya agar rumah tetap terjaga dari para pencuri. Mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat ciptakan kunci pintu otomatis untuk menjaga keamanan isi rumah dari pelaku kejahatan. Karyanya ini bahkan memudahkan pemilik rumah untuk mengontrol kunci pintu ketika lupa mengunci pintu.

Ardi Maryanto, mahasiswa Teknik Komputer Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) Teknokrat, biasa disapa Ardi, merancang sistem keamanan pintu dengan teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Rancangan keamanan ini tidak mengandalkan mekanik, melainkan menggunakan perangkat elektronik yang cukup sulit untuk dibobol karena selain diperlukan pengetahuan mengenai elektronik mereka juga harus memiliki pengetahuan dibidang pemrograman dan teknologi informasi. Berbeda dengan kunci mekanik biasa, kunci elektronik ini menggunakan keytag RFID untuk membukanya.

Menurut Ardi, sistem ini menggunakan cip sebagai kunci, bisa berupa perlengkapan pribadi seperti SIM, KTP, kartu, gantungan kunci, atau apa saja. Untuk membuka pintu, cip tersebut cukup didekatkan atau diayunkan dengan RFID reader, maka pintu pun terbuka. Hematnya lagi, satu kartu bisa akses untuk beberapa pintu. Jika pintu kunci dibuka paksa, maka alarm akan berbunyi.

Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat Nasrullah Yusuf mengungkapkan inspirasi berkarya bisa datang dari mana saja. Ia berharap hasil karya mahasiswa Teknokrat ini bisa menjadi contoh yang lain untuk terus memanfaatkan teknologi dalam membantu memecahkan segala permasalahan yang terjadi di masyarakat. (Uni/S1) Lampost, Selasa, 27 Januari 2015.

Go to Top