Roket Teknokrat Juara Nasional 2015
en id
Monday, 20 May 2019

Latest News

Roket Teknokrat Juara Nasional 2015

Roket Teknokrat raih Juara III  Nasional Kompetisi Muatan Roket Indonesia 2015 (2-4/8) yang diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Kompetisi hasil kerjasama LAPAN dan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk mempersiapkan bibit unggul calon peneliti, perekayasa dan ilmuwan di bidang teknologi ini dilaksanakan di Balai Produksi dan Pengujian Roket LAPAN, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. Keberhasilan Tim Roket Teknokrat ini, mensejajarkan Perguruan Tinggi Teknokrat dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti UGM (Juara I), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Juara II), ITB, ITS, UNY dan lain-lain.

 

Tahun ini, Tim Roket Teknokrat  yang tergabung dalam Tim Robotik Teknokrat mengikuti 2 kategori lomba, yaitu kategori Muatan Roket dan kategori Balon Atmosfer. Krakatau 5.6, kategori Muatan Roket raih Juara III dan Karakatau 5.10 kategori Balon Atmosfer lolos ke babak final. Untuk mencapai prestasi ini, berbagai tahapan seleksi lomba harus dilalui yaitu tahapan seleksi berkas dan video, diikuti dengan G-Force (pengujian muatan terhadap getaran), G-Shock (pengujian muatan terhadap benturan), dan Fibrasi (pengujian muatan terhadap gravitasi). Jika muatan tidak mampu melalui tahapan uji kemampuan dan gagal mengirimkan data foto udara yang telah diambil dari ketinggian 800m ke pusat kontrol  (proses telemetri), maka muatan tidak layak diluncurkan. Tim Krakatau 5.6 sukses melewati tahapan uji dan meraih juara. Peringkat juara ditentukan dengan kecepatan telemetri yang berbeda dalam hitungan detik saja.

Prestasi-prestasi mahasiswa yang tergabung dalam Tim Robotik Teknokrat dalam setiap kompetisi baik tingkat Regional, Nasional maupun Internasional ini, merupakan suatu bukti bahwa Teknokrat sangat menekankan pada kemampuan kreativitas dan keahlian mahasiswa robotik. Tim Robotik Teknokrat yang terlatih bekerja di bawah tekanan dan mengejar target membentuk alumni Robotik Teknokrat mampu bersaing dan berkarir di perusahaan bonafit seperti, SCTV, MNC Group, Trans Corp, dan lainya. (DS/NH/GS).

 

Go to Top