Danrem Meneteskan Air Mata di Teknokrat
en id
Tuesday, 22 May 2018

Latest News

Danrem Meneteskan Air Mata di Teknokrat

Danrem 043/GATAM meneteskan air mata  ketika menjelaskan materi 4 pilar bangsa dalam kegiatan Propti yang diadakan oleh Perguruan Tinggi (STMIK-AMIK-STBA) Teknokrat. Kegiatan Program Orientasi Pendidikan Tinggi (Propti) bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan sistem pendidikan akademik dan karakter sebelum memasuki perkuliahan, Perguruan Tinggi Teknokrat menyelenggarakan Pekan Orientasi Perguruan Tinggi (PROPTI) gelombang I di kampus setempat (11-13/7). Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 600 mahasiswa dari program studi STMIK-AMIK-STBA  di Perguruan Tinggi Teknokrat gelombang I. Salah satu narasumber yang hadir dalam kegiatan ini adalah Kolonel Inf Irwan Sihar Marpaung, Danrem 043/Garuda Hitam yang memberikan materi “Membangun Karakter Bangsa Untuk Memperkuat Ketahanan Nasional”.
 
Dalam paparannya beliau menyampaikan tentang 4 Pilar Kebangsaan yang meliputi: 1) Pancasila 2) UUD 1945, 3) Bhineka Tunggal Ika, 4) NKRI. Menurutnya persatuan dan kesatuan bangsa dapat di wujudkan apabila ada kesadaran yang tinggi dari semua pihak untuk dapat memahami perbedaan yang ada serta diterapkannya toleransi yang tinggi untuk dapat menerima adanya perbedaan. Selain itu, Beliau juga menjelaskan bahwa karakter bangsa yang baik akan mampu mewujudkan ketahanan nasional yang kuat. Untuk itu,  ketahanan nasional harus  dimulai dari ketahanan pribadi, ketahanan keluarga, ketahanan lingkungan baik itu lingkungan kerja, tinggal, maupun wilayah hingga akhirnya akan bertemu pada satu titik dengan ketahanan nasional.
 
 
 
Dalam kesempatan tersebut Beliau mengungkapkan rasa bangganya akan kedisiplinan dan keseriusan mahasiswa Teknokrat dalam kegiatan ini, “Saya merasa sangat bangga dan haru berada di sini, ditengah-tengah para calon teknokrat-teknokrat muda Indonesia yang memiliki mental yang sangat tangguh, dan memiliki intelegensi yang sangat kuat. Kedisiplinan yang tinggi, kerapihan peserta, konsep tata ruang yang nyaman, menambah hangatnya Saya berada di ruangan ini”, ujar Kolonel Irwan. Beliau pun berpesan agar kiranya sebagai seorang mahasiswa janganlah berlaku cengeng, tidak mudah terprovokasi, tidak bersifat anarkis, dan harus memiliki integritas yang tinggi serta dapat dibanggakan oleh keluarga, bangsa dan Negara.
 
Para peserta Propti begitu antusias dalam mengikuti paparan Kolonel Inf. Irwan, hal tersebut dibuktikan saat dibukanya sesi tanya jawab. Antusiasme terlihat dari pertanyaan dan kriktikan yang tertata dengan menggunakan bahasa yang sangat santun.
Go to Top