HIMA SI: LDK Ciptakan Generasi Muda Yang Enerjik Dan Bermartabat
en id
Monday, 24 September 2018

Latest News

HIMA SI: LDK Ciptakan Generasi Muda Yang Enerjik Dan Bermartabat

Dunia kampus yang akrap dikenal dengan dunia perkuliahan adalah salah satu sarana dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan di masyarakat khususnya di dunia kerja. Namun, banyak dari para lulusan sarjana yang ternyata tidak mampu untuk mengaplikasikan apa yang didapat  di bangku perkuliahan. Sebagai contoh banyak lulusan sarjana yang menjadi pengangguran dikarenakan tidak mampu bersaing dan mengikuti perkembangan zaman.
 
Salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya kesadaran mahasiswa akan pentingnya berorganisasi. Oleh karena itu berorganisasi sangat berguna bagi proses pembelajaran dalam rangka mempersiapkan diri ketika terjun di masyarakat. Bagaimana cara menghadapi masalah, memahami berbagai macam karakter manusia, menjadi seorang pemimpin, dan sebagainya.
 
Himpunan Mahasiswa (HIMA) adalah sebuah wadah organisasi yang berada dibawah naungan program studi. Himpunan Mahassiwa Sistem Infromasi (HIMA SI) menyadari bahwasanya selain EQ tidak saja diperoleh dari bangku perkuliahan, namun lebih mendasar diperoleh dari organisasi. Berorganisasi merupakan sebuah bentuk human community yang merupakan tempat di mana kaum intelektualis dapat mengaktualisasikan segala nalar dalam argumentasi dan potensi diri Melangkah dari hal tersebut dalam eksistensinya program studi mengembangkan organisasi dibawah naungannya untuk turut mengasah EQ mahasiswanya melalui hal-hal positif. 
 
 
 
Dalam rangka mensinergikan tujuan dan fungsi HIMASI pada tanggal 2 dan 3 Januari 2013 kemarin melakukan kegiatan Latihan Dasar Kepemompinan (LDK).  Program tersebut dilakukan dengan tujuan mengembangkan jiwa almamaterisme, melakukan proses kaderisasi juga untuk menumbuhkan komitmen berorganisasi yang tentunya akan berimplikasi pada peningkatan wawasan dan pengalaman bagi mahasiswa itu sendiri, sehingga kesadaran mahasiswa tentang budaya organisasi (Organizational culture) dapat menjadi salah satu bentuk motivasi khususnya bagi para kader organisasi. Latihan dasar Kepemimpinan dalam HIMA SI tersebut selain bertujuan untuk meningkatkan dan mempererat rasa kebersamaan juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai loyalitas dan memperteguh komitmen berorganisasi menuju integritas intelektual yang teraktualisasi. 
 
 
 
Kegiatan LDK tersebut diikutui oleh 78 anggota baru.  Peserta bukan saja mendapatkan materi dalam kegiatan tersebut.  Game yang merbentuk membangun kebersamaan dan sesuai dengan MISI kegiatan pun digelar untuk memeriahkan acara. Antusis peserta terasa begitu besar dari awal kegiatan hingga akhir. Materi yang disajikan dalam kegiatan tersebut adalah, leadership, problem solving, team work, relationship, kehidupan berbangsa dan bernegara, menumbuhkan jiwan dan semangat almamaterisme. Nurrohman sebagai ketua panitia mengatakan bahwan, “diharapkan melalui kekgiatan LDK ini akan menciptakan sumberdaya-sumberdaya yang peka terhadap hidup berorganisasi dan mampu mengentaskan kemiskinan intelektual dan sosialitas pada masyarakat kampus pada khususunya, serta dapat emnumbuhkembangkan jiwa kreatifitas muda yang enerjik dan bermartabat”. Hadirpula dalam kegiatan tersebut Ketua Program Studi Sistem Infromasi Bp. Iwan Purwanto, S.Kom., M.T.I., yang juga merupakan alumni Program Studi tersebut.  Sebagai alumni beliau pun turut memberikan materi yang telah memotifasi mahasiswa untuk terus berbenah diri dan aktif dalam segala hal, terutama yang bersifat positif, seperti dalam sambutannya “Bangku Perkuliahan adalah masa kawah Candaradimuka, disinilah tempat kita semua di matangkan, ditempa, dan di bentuk hingga pada akhirnya kita semua siap untuk dikeluarkan menjadi seorang Gatot Kaca (tokoh wewayangan), seorang Gatot Kaca tidak lemah, cengen, dan mudah putusa asa.”  Beliau pun berharap kiranya kegiatan ini menjadi program kerja tahunan yang berada di bawah naungan HIMA SI.
Go to Top