Terpilih Menjasi Salah Satu Delegasi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2012, Sheila Kunjungi Korea Selatan
en id
Monday, 18 February 2019

Latest News

Terpilih Menjasi Salah Satu Delegasi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2012, Sheila Kunjungi Korea Selatan

Akhir Maret lalu, Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) kembali mengadakan program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN). Program ini selalu diadakan setiap tahun dengan negara tujuan yang beragam. Untuk program tahun ini, Lampung mendapatkan alokasi dengan tiga negara tujuan, yaitu Ship for Southeast Asian Youth Program – Jepang (SSEAYP),Pertukaran Pemuda Indonesia – Korea (PPIK), dan Pertukaran Pemuda Indonesia – Malaysia (PPIM). Mahasiswi STBA Teknokrat, Sheilla Listyana Koesin, berhasil menjadi menjadi wakil Lampung untuk program Pertukaran Pemuda Indonesia – Korea (PPIK). Dengan dua kandidat lainnya yaitu Nanda (UNILA) untuk program SSEAYP dan Myra (UNILA) untuk program PPIM.

 

Proses seleksi untuk program inipun dilaksanakan dengan sangat ketat dan terbagi menjadi tiga tahap eliminasi. Dimulai dengan seleksi berkas, delegasi yang berhasil melewati seleksi ini akan langsung meneruskan ke proses seleksi tahap pertama, yaitu tes tertulis. Ada empat hal yang akan diuji dalam tes ini, seperti psikologi, bahasa Inggris, pengetahuan umum dan seni budaya. Mereka yang berhasil melewati standar nilai tes tertulis melanjutkan ke tes wawancara. Dalam tahap ini, seleksi calon delegasi semakin diperketat. Bahasa Inggris, talent show, pengetahuan umum, pengetahuan tentang program, wawasan nusantara, kepemimpinan, kepribadian dan public speaking adalah tes-tes yang dilalui peserta dalam tahap ini. Pada tahap ketiga, akhirnya hanya dipilih sepuluh peserta untuk mengikuti tahap ini. Pada sesi diskusi panel ini, para peserta lebih dilihat dalam kemampuan mereka dalam memberikan ide dan berpendapat dalam sebuah diskusi. Pada akhirnya, hanya enam peserta yang dipilih untuk mengikuti karantina dan seleksi regional yang menghasilkan tiga orang untuk delegasi utama dan tiga orang untuk delegasi cadangan. Dua mahasiswi STBA Teknokrat lainnya yang berhasil menjadi kandidat yaitu Puti Intan sebagai delegasi cadangan program SSEAYP dan Eko Triani sebagai delegasi cadangan program PPIK.

 

Rencana keberangkatan Sheilla ke Korea Selatan diperkirakan antara bulan Oktober dan November ini. Sepuluh hari Sheilla akan menghabiskan waktu di Daehan Minguk (bahasa Korea dari Republik Korea). Selama di sana beberapa kegiatan akn diikutinya, seperti courtesy call, kunjungan dan diskusi ke tempat-tempat kegiatan kepemudaan, homestay dan cultural performance. Have a nice trip, Sheilla.

정신 !

Go to Top