Kiprah Dosen Teknokrat dalam Kajian Sastra dan Budaya di Level Nasional
en id
Sunday, 18 November 2018

Latest News

Kiprah Dosen Teknokrat dalam Kajian Sastra dan Budaya di Level Nasional

Perguruan Tinggi Teknokrat terus mengembangkan diri untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikannya. Tidak hanya dalam bidang teknologi dan bahasa, tapi juga sastra. Dalam hal ini, sebagai penyelenggara program studi Sastra Inggris, STBA Teknokrat telah menjalankan berbagai agenda guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikannya.
 
 
Salah satunya adalah dengan memotivasi dan memfasilitasi dosen untuk mengembangkan prilaku kecendekiawanannya, termasuk berperan aktif dalam bidang kajian sastra dan budaya. Beberapa waktu lalu, tepatnya 20 Oktober 2011, salah satu dosen STBA Teknokrat Samanik, S.S., M.Hum. mempresentasikan makalah ilmiahnya dalam seminar nasional bertajuk “Cultural Identity in Language, Literature, and Translation” yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Dalam kesempatan tersebut, beliau mempresentasikan makalahnya berjudul “Gender Construction in Steinbeck’s Of Mice and Men.” Dalam pemaparannya, ia menjelaskan tentang gender sebagai sebuah konstruksi sosial, bahwa gender itu ‘lahir’ lebih karena faktor Nurture, bukan Nature. Hal itulah yang memproduksi pemahaman dikotomis masyarakat terkait dengan maskulinitas dan feminitas. Menurutnya, sastra memberikan kontribusi signifikan dalam proses Nurturing tersebut. 
 

Acara seminar nasional dibuka langsung oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. Ikut  menjadi pembicara adalah Prof. Junaidi dari Universitas Indonesia dan Dr. Wang dari National University of Singapore. Tidak kurang dari 43 penyaji terpilih mempresentasikan makalah ilmiah mereka. Selain itu, lebih dari dua ratus orang lainnya terdaftar sebagai peserta.

Go to Top