en id
Wednesday, 22 November 2017

Latest News

Karya mahasiswa teknokrat di bedah di dalam seminar ICT

  • Published: Wednesday, 27 January 2016 03:24
  • Hits: 1822

Sejumlah prestasi mahasiswa perguruan ringgi teknokrat bidang computer dan informasi technology (IT) di bedah dalam seminar information communication and  technology (ICT). Kegiatan ini merupakan seminar yang menyajikan inovasi – inovasi teknologi terkini dari karya - karya mahasiswa yang di selenggarakan oleh perguruan tinggi teknokrat di laksanakan, senin (25/1).

Seminar yang di ikuti oleh para siswa SMA/SMK/dan MA dari beberapa daerah di lampung mengambil tema “DENGAN IT RAIH MASA DEPAN GEMILANG” Di indoor perguruan tinggi teknokrat.

Acara seminar di buka oleh ketua perguruan tinggi teknokrat Dr HM Nasrullah Yusuf, SE MBA, di hadiri ketua yayasan lembaga pendidikan teknokrat Dr Mahathir Muhammad, sejumlah dosen, guru dan para undangan.

Ada 3 materi yang di sampaikan dalam seminar ICT. Antara lain : image processing dan pemograman oleh Dwi Randy h. dan Fery Saputra dari UKM Programming teknokrat (PROTEK) Creative animation for entertainment oleh Digdo Jati Nugroho dan aga arsari dari UKM ANIMEDIA (animasi dan multimedia teknokrat) dan robot drone dan roket oleh gilang febrianto dan Meliza dari UKM ROBOTIK TEKNOKRAT.

Dalam materi image processing dan pemograman menjelaskan mengenai fungsi image processing dalam kehidupan se hari – hari. Selain itu, Dwi randy H. dan fery saputra juga mendemokan aplikasi hasil karya mereka bernama binoclatur transtool yang merupakan penerapan dari image processing.

Aplikasi tersebut dapat membantu mendeteksi kata yang di tuliskan untuk di terjemahkan menjadi bahasa ilmiah menggunakan Smartphone. Sehingga dapat dengan mudah mengetahui kata ilmiah dengan hanya memfotonya melalui Smartphone.

Pada materi creative animation for entertainment, Digdo Jati Nugroho dan Aga arsari menjelaskan tentang animasi dalam dunia hiburan dari jenis jenis animasi. Teknik teknik dalam animasi sampai proses pembuatan animasi.

Pada teknik animasi di jelaskan mengenai teknik motion moctur atau mocup yang merupakan teknologi perekam gerakan mengkonversi gerakan nyata ke dalam bentuk model gerakan digital.

 

Prose ini di lakukan dengan cara merekam gerakan para actor yang di tubuhnya di pasang marker (penanda) dan memanfaatkan file digital yang di hasilkan untuk menggerakan model karakter yang sudah di buat di dalam aplikasi animasi 3D.

Selain mendemokan teknik motion capture, mereka juga menayangkan animasi buatan mereka yang telah mandapatkan penghargaan the best sound and music and the best story di ajang animation academy compfest 7 di universitas Indonesia.

Sedangkan pada materi robot drone dan roket, Gilang febrianto dan Melizamenjelaskan materi tentang manfaat dan cara kerjanya sampai dengan bahan bahan pembuatan robot drone.

Selain itu, mereka akan mendemokan robot drone yang yang telah memenangkan juara nasional kontes robot terbang Indonesia 2015 Divisi V – Tol di UGM Yogyakarta. Selain menjelaskan mengenai robot drone meraka juga menjelaskan mengenai robot mulai dari manfaat sampai kegunaannya hingga pembuatan roket.

UKM robotic teknokrat pernah meraih penghargaan juara 2 nasional kompetisi muatan roket dan roket Indonesia (KOMURINDO) 2015, yang di selenggarakan oleh lembaga penerbangan dan antariksa nasional (LAPAN).

Go to Top