Teknokrat Dekatkan Siswa dengan Dunia Robotik
en id
Wednesday, 29 March 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Latest News

Teknokrat Dekatkan Siswa dengan Dunia Robotik

  • Published: Saturday, 23 April 2016 06:07
  • Hits: 951

Perguruan Tinggi Teknokrat konsisten memperkenalkan wawasan tentang robotik kepada siswa SMA/SMK/MA.Karenanya, PTS kenamaan Lampung ini kerap meengadakan berbagai lomba robotik.

Kali ini, Teknokrat menggelar lomba robotik pada 29-30 Maret.Sebanyak 36 peserta dari 15 SMA/SMK/MA di Lampung ambil bagian dalam kompetisi robotik tersebut.

Ketua Pelaksana Lomba Robotik Teknokrat Adi Ahmad Fauzi mengatakan, kategori yang dilombakan dalam kegiatan tersebut adalah robot drone, underwater, line follower, dan robot roket air.

Dari masing-masing kategori tersebut, diberlakukan kriteria penilaian.Untuk Drone harus dapat melewati tiga rintangan yang telah disediakan panitia, mulai dari take-off hingga landing dinilai dewan juri yang merupakan dosen dari Perguruan Tinggi Teknokrat Lampung.

Kemudian untuk robot Underwater diwajibkan mengambil sebuah benda yang dibenamkan di dasar akuarium yang telah disediakan, dan harus berhasil memasukkan benda tersebut ke dalam gawang.Sementara robot Line Follower dituntut dapat mengikuti garis serta rintangan yang telah disediakan panitia.

Bagi robot Roket Air, pada peluncurannya harus memenuhi sudut elevasi 80 derajat, dan pada ketinggian tertentu tidak diperbolehkan langsung meluncur kebawah, melainkan harus membuka parasut terlebih dahulu.

Andi melanjutkan, ajang tersebut merupakan kegiatan rutin yang diaksanakan untuk bisa mengembangkan minat dan bakat siswa SMA/SMK/MA di dunia robotik, sekaligus untuk meningkatkan teknologi robotik itu sendiri.

“Ini kegiatan ke-dua, sebelumnya dilaksanakan tahun 2015.Sebelum perlombaan dimulai, kami telah melakukan workshop pada 27 Maret untuk memberikan pengarahan kepada calon peserta lomba,” ujarnya.
 

Tahun 2015, kata dia, perlombaan yang digelar tersebut hanya mencakup dua kategori perlombaan.Yakni Line Follower yang diikuti 10 tim, dan Robot Roket Air yang diikuti 12 tim.Namun, tahun ini, pihaknya menambah jumlah kategori perlombaan menjadi empat.

“Karena ada peningkatan peserta, kami menilai animo siswa untuk mengikuti perlombaan ini cukup besar.Ini terbukti dari jumlah peserta yang meningkat dari tahun sebelumnya,” tukasnya.

Ditemui disela perlombaan, Guru Pembimbing dari SMA YP Unila Bandarlampung Jona Milanda mengatakan, tahun lalu tim dari sekolahnya gagal meraih juara.Karenanya tahun ini pihaknya akan berusaha lebih keras.”Untuk persiapan kita sudah lakukan selama tiga bulan,” katanya.

Jona mengaku, dalam perlombaan kali ini pihaknya lebih menonjolkan divisi Line Follower.Sebab, dari divisi itu lah yang menjadi cikal bakal tim robotik di SMA YP Unila Bandarlampung.

Go to Top