Robot Canggih Teknokrat Terbang tanpa Awak
en id
Wednesday, 29 March 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Latest News

Robot Canggih Teknokrat Terbang tanpa Awak

  • Published: Saturday, 23 April 2016 08:15
  • Hits: 1141

Perkembangan teknologi robotika yang pesat menempatkan Teknokrat sebagai pelopor Robot terbang tanpa awak (drone) di Provinsi Lampung. Drone hasil karya mahasiswa ini memberikan sumbangsih luar biasa terhadap kinerja instansi  pemerintah maupun instansi swasta.

Kejaksaan Tinggi Lampung, Badan dan Perencanaan Pembangunan Daerah, Polda Lampung, TVRI, Bank Mandiri, dan instansi lainnya merupakan sebagian instansi yang telah menggunakan teknologi robot terbang tanpa awak karya mahasiswa Teknokrat ini sebagai media  pemetaan dan monitor wilayah kerja.

Karya inovasi mahasiswa Teknokrat robot terbang tanpa awak, hexacoopter dengan 6 baling-baling  dan quadcoopter dengan 4 baling-baling. Teknologi live streaming dan GPS yang di miliki robot drone Teknokrat yang telah di program sehingga memungkinkan pengamatan situasi lapangan dan merekam gambar di udara dan dapat di amati melalui wide screen monitor. Kecanggihan lainnya, drone dapat memperoleh hasil capture yang sangat baik dan memiliki daya jangkau kamera hingga 500 hektare.

Mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat berhasil  membuktikan bahwa drone hasil karya di bidang teknologi ini mampu meraih prestasi di tingkat nasional dengan diraihnya juara I nasional Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tahun 2014 dan juara II nasional KRTI Tahun 2015, serta dari KRTI tahun 2013.

Drone disusun dari rangkaian-rangkaian peralatan canggih, seperti flight control board (FCB), motor penggerak, electronic speed control (ECS), propeller, baterai, remote dan kamera.

Ketua Tim Robotik Teknokrat Ceceng Sujana RE mengungkapkan drone hasil karya mahasiswa Teknokrat merupakan yang luar biasa karena teknologi yang dikembangkan mahasiswa membantu pemerintah maupun swasta dalam hal pemanfaatan teknologi, baik  dalam pemetaan maupun pengawasan suatu wilayah.

 

 

Ketua  Perguruan Tinggi Teknokrat HM Nasrullah Yusuf mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang di berikan oleh instansi pemerintah dan swasta. Disampaikannya bahwa apa yang dihasilkan merupakan penerapan hasil penilitian Perguruan Tinggi Teknokrat guna membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah dan masyarakat. Bagaimana Perguruan Tinggi Teknokrat mengembangkan ide-ide kreatif dalam penelitian terapan untuk dapat diaplikasikan, menjadi wujud nyata pengabdian yang dilakukan Teknokrat kepada masyarakat.

Go to Top