en id
Wednesday, 26 July 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Latest News

Mahasiswa Teknokrat Melaju ke Olimpiade Nasional

  • Published: Tuesday, 03 May 2016 08:01
  • Hits: 1410

DIRHAN, Mahasiswa S-1 Jurusan Teknik Informatika Perguruan Tinggi TEknokrat, siap mengharumkan nama Lampung di kancah nasional. Mahasiswa yang berasal dari keluarga sederhana itu mewakili Kopertis Wilayah II dalam Olimpiade Nasional Matematika IPA tingkat nasional yang akan digelar 23-27 Mei di Jakarta.

Ia melaju ke nasional setelah masuk dua besar peserta Olimpiade tingkat Kopertis Wilayah II. Berlangsung di Palembang, 5-6 April, anak ketiga dari empat bersaudara itu unggul dari 68 peserta lain yang berasal dari Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, dan Kepulauan Bangka Belitung.

“Peserta lainnya adalah mahasiswa MIPA. Sepertinya hanya saya mahasiswa non-MIPA,” kata Dirhan, usai menerima penghargaan dari Ketua Dewan Pendidikan Lampung Mahfud Santoso, di kampus setempat, Sabtu (30/4).

Mengikuti seleksi tingkat Kopertis II selama dua hari, Dirhan mengerjakan soal kombinatorik, aljabar linier, analisis riil, dan analisis kompleks. Kini, Dirhan sibuk mempersiapkan diri untuk bertanding di Olimpiade nasional. Ia menambah jam belajarnya. Dengan bimbingan para dosen, setiap hari Dirhan mengerjakan soal-soal Olimpiade tahun sebelumnya.

“Usai kuliah; saya mempelajari model soal yang telah diujikan. Saya menjalani seluruh persiapan ini dengan kesungguhan demi hasil terbaik,”kata dia.

Di tingkat nasional, Dirhan akan berhadapan dengan peserta dari seluruh penjuru nusantara, yang terbagi dalam 14 kopertis. (IMA/S1)
 

Go to Top