en id
Monday, 16 January 2017
  • Mahasiswa Teknokrat
    Sumbang Robot Drone Kepolda Lampung

Latest News

Usung Teknologi Canggih, Robot Teknokrat Juara Umum Sumatera

  • Published: Thursday, 26 May 2016 06:41
  • Hits: 812

Aksi robot-robot Tim Krakatau dari Perguruan Tinggi Teknokrat berhasil memukau para juri Kontes Robot Indonesia 2016 Regional I Sumatera.

Persiapan matang Tim Krakatau membuahkan kemengangan pada 4 divisi dari 5 divisi yang dipertandingkan, yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia tipe beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia tipe berkaki, Kontes Robot Seni Tari Indonesia, dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia.

Tim Krakatau berhasil menyabet juara I robot pemadam api Indonesia tipe berkaki, juara II robot seni tari Indonesia, juara II robot sepak bola Indonesia, dan juara III Robot Pemadam Api Indonesia tipe beroda.

Kecerdasan 30 anggota Tim Krakatau yang terlibat dalam kontes tersebut, dipadu teknologi mutakhir, membawa Teknokrat meraih penghargaan The Best Design untuk robot berkaki dan The Best Artistic untuk robot seni.

Prestasi-prestasi tersebut mengukuhkan kampus berjuluk Sang Juara sebagai juara umum Kontes Robot Indonesia Regional I, setelah pada 2014 juga menyandang predikat serupa.

“Robot seni Teknokrat memiliki gerakan paling lembut, mendekati gerakan manusia yang sedang menari. Kostumnya juga paling sesuai dengan tema.” Kata Pembina Tim Krakatau, Y Agus Nurhuda, di kampus setempat, Rabu (18/5). Robot seni bergerak dan berhenti sesuai irama melodi yang diputar panitia dengan luwes.

Sementara robot pemadam api Indonesia tipe berkaki yang meraih Best Design, dinilai paling canggih karena dilengkapi teknologi yang belum di pakai peserta lain. “Kami menggunakan teknologi sensor lidar, yang mengidentifikasi jarak dengan laser,” kata Agus.

Kini, Tim Krakatau bersiap menghadapi lomba tingkat nasional. Persiapannya adalah meningkatkan kecerdasan robot. “Semua robot berbasis cerdas otomatis.” Kata Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat Nasrullah Yusuf.

Salah satunya pada robot pemadam api Indonesia tipe berkaki dipersiapkan untuk misei penyelamtan bayi dari api. Sementara untuk robot sepak bola, tim akan memperbaiki system scanning gawang.

Pada robot seni, tim akan meningkatkan stabilitas baik perangkat keras maupun lunaknya. Kontes tingkat nasional akan dilaksanakan di Politeknik Surabaya, 2 – 4 Juni.

Selain itu, lanjut Nasrullah, Tim Krakatau menyiapkan robot sepak bola beroda untuk diiukutsertakan pada divisi terbaru Kontes Robot Indonesia 2016. “Ini masih bersifat ekshibisi. Hanya ada 13 tim yang diundang untuk ekshibisi ini,” kata dia. Anggota Forum Rektor Indoneisa itu mengatakan pihaknya menargetkan robot pemadam api melaju hingga tingkat Internasional.

Kontes Robot Indonesia Regional I diikuti perguruan tinggi yang ada di Sumatera, serta Bngka Belitung, Batam, dan Bengkalis. Tim akan di damping dosen pembimbing Maulana Aziz, Jaka Sembiring, Adi Ahmad Fauzi, dan BP Putra Hermana.

       

Go to Top