en id
Saturday, 18 November 2017

Latest News

TEKNOKRAT JUARA DEBAT BAHASA INGGRIS KOPERTIS

  • Published: Wednesday, 15 June 2016 04:23
  • Hits: 1432

Sembilan mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat melaju ketingkat nasional dalam Lomba Debat Bahasa Inggris pada 30 Juni 2016.

Ini setelah Teknokrat lolos diajang National University Debating Championship (NUDC) 2016 ditingkat kopertis pada 25-25 mei di Palembang.

Sembilan mahasiswa tersebut adalah tim M. Irfan Daeng, M. Abdul Aziz, dan Mahdy Eka Putra yang meraih juara II. Kemudian Ardian Ardiwiranata, Yurisa Yulia Yunara dan Tri Lestari mendapat juara harapan I, serta siti rodiah, I wayan murjaya, dan M. Chali Andika meraih juara harapan III.

Ardian mengaku, agar tampil maksimal dalam ajang tersebut, timnya telah melakukan persiapan intensif sejak januari 2016. “ NUDC 2016 yang diselenggarakan Kopertis Wilayah II ini kan  diikuti 24 perguruan tinggi se Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Jadi kami harus benar-benar siap,” katanya.

Terlebih materi yang disajikan dalam debat tersebut beragam. Mulai dari materi yang mengangkat isu nasional hingga internasional yang sedang hangat diperbincangkan.” Missal tentang hokum kebiri bagi pelaku pencabulan disertai kekerasan di Indonesia, serta isu actual lainnya.” Jelasnya.

Lanjutnya, dalam latihan, timnya menerapkan latihan mulai dari pagi hingga malam. Debat biasanya dilakukan antara Tim STBA, AMIK dan STMIK sebanyak tiga kali dalam sehari. Usai debat dilakukan, pihaknya kemudian melakukan evaluasi menyeluruh terkait hasil debat yang dilakukan.

 

“Dalam penilaian Debat itu ada standarnya masing-masing. Tidak menggunakan point, tetapi berdasarkan logisatau tidaknyaargumen kita dalam debat,” tukasnya.

Sementara, dosen pendamping M. Yuseano Kardiansyah mengatakan, Sembilan mahasiswanya saat ini tengah bersiap menuju ajang NUDC 2016 tingkat Nasional, yang akan dilaksanakan di MErcubuana University, Jakarta 30 Juni hingga 5 Agustus 2016.

Go to Top