en id
Wednesday, 26 July 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Latest News

Teknokrat Wakili Sumatera di Lomba IT Nasional

  • Published: Monday, 25 July 2016 08:38
  • Hits: 657

Dua tim perguruan Tinggi Teknokrat mewakili Sumatera di Kompetisi IT bertajuk Compfest.  Proposal Teknokrat lolos seleksi hingga berhak mengikuti kompetisi yang di selenggarakan Universitas Indonesia tersebut.

Dosen pembimbing,  Agus Mulyanto,  mengatakan Teknokrat satu-satunya perguruan tinggi di sumatera yang lolos.  Juri memilih  12  peserta dengan ide terbaik untuk berkompetisi menghasilkan kreativitas dan inovasi baru bidang IT.

Dalam  kompetisi itu,  Teknokrat anak membuat hardware dan software pendeteksi kebakaran dan pemantau kendaraa  “Topik itu sesuai tema dan sangat dibutuhkan  masyarakat.  Seluruh aplikasi akan terhubung dengan internet,”  kata Agus kepada Lampung Post, rabu (20/7).

Tim pertama membuat alat pendeteksi kebakaran yang disebapkan kompor gas. Jika terjadi kebakaran, perangkat akan mengirimkan sinyal ke pemadam kebakaran. Pemadam akan menerima pesan tersebut dan mengirimkan armadanya ke alamat sesuai arahan aplikasi.

Agar dapat tiba di lokasi secara cepat,  aplikasi itu bisa mengatur lampu lalulintas.  “Ketika pemadam hendak lewat,  lampu lalu lintas bisa dikendalikan menggunakan aplikasi itu,  agar tetap hijau,” kata Agus. Konsep aplikasi tersebut untuk mendukung pemerintah menuju smart city. Peralatan berikutnya adalah membuat aplikasi pemantau kendaraan yang digunakan anak.

“Aplikasi ini dapat disematkan pada kendaraan yang dipakai anak,”  kata pembimbing lainya,  Rohmat Indra Borman.

Aplikasi itu akan memberi informasi pada orang tua tentang lokasi kendaraan, lengkap dengan kecepatan dengan real time. “Bahkan jika kendaraan mengalami kecelakaan orang tua akan langsung mendapat informasinya,” kata Rohmat.

Ia berharap ide dan kreativitas itu memenangkan kompetisi sekaligus menjadi sumbangsih Teknokrat bagi kemajuan bangsa.  (*1/S2)

Go to Top