en id
Wednesday, 22 November 2017

Latest News

Mahasiswa Teknokrat Rancang Perontokan Padi Otomatis

  • Published: Thursday, 04 August 2016 02:58
  • Hits: 768

MAHASISWA Perguruan tinggi teknokrat menciptakan alat perontok padi otomatis. Dalam sekali operasi dapat memisahkan padi hingga 400 kg per hari.

Alat yang dinamai Power Theresher itu dirakit oleh lima mahasiswa s-1  jurusan Teknik Informatika. Yaitu Khairin syaputra, Alif Rahman Edyson, Wini Puspa Sari,Kurniawan Gigih lutfi Umam, dan Pipit Rahmayanti. Alat tersebut diikut sertakan dalam kompetisi penelitian dan pengembangan teknologi Terapan Bappeda Kabupaten lampung tengah, juli lalu.

Khairin mengatakan alat tersebut memudahkan petani mamanen padi. "mesin pemisah gabah dari batang padi, sehingga didapat lah gabah yang nanti digiling menjadi beras." kata khairin Wini menjelaskan mesin tersebut menggunakan energi alternatif pembangkit listrik tenaga surya. "mesin ini tidak memerlukan bahan bakar sehingga ramah lingkungan," kata dia.

Menurut dia, kini pasar menawarkan banyak mesin pemisah padi dengan tenaga penggerak bahan bakar dan listrik. "Oleh karena itu, kami merancang alat pemisah padi dengan sumber tenaga alternatif sinar matahari agar lebih murah dan ramah lingkungan," ujar dia.

  

Dosen pembimbing, Rohmad Indra Borman, menyebutkan komponen alat terdiri dari panel surya, Dinamo bor, inferter, Aki, dan Puly.sebelum terpilih mengikuti kompetisi yang diadakan di bappeda lampung tengah, mahasiswa terus mengajukan proposal dan presentasi alat.

Dewan juri yang diketuai Saipul Hikam, Menilai alat perontok padi Teknokrat inovatif dan bermanfaat bagi kemajuan pertanian lampung. "inovasi itu bertujuan menyumbangkan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kwalitas dan taraf hidup masarakat," ujar rohmat . (IMA/SI)

Go to Top