en id
Wednesday, 26 July 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Latest News

Teknokrat Juara II Kompetisi Teknologi Terapan

  • Published: Monday, 08 August 2016 03:56
  • Hits: 946

BANDARLAMPUNG – Lima Mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat berhasil meraih juara II dalam kompetisi penelitian dan pengembangan teknologi terapan Bappeda Lampung Tengah yang dilaksanakan 27 Juli 2016.

Pada kompetisi tersebut, tim Teknologi yang terdiri dari Khairin Syahputra, Arif  Rahman Edison, Wini Puspa Sari, Kurniawan Gigih Lutfi Umam, dan Pipit Rahmayanti menciptakan mesin pemisah padi yang dinamakan power thresher.

Pembimbing tim Teknokrat Rohmat Indra Borman menuturkan, alat yang terdiri dari komponen Dinamo Bor, Inferter, Aki dan Puly tersebut berfungsi untuk memisahkan padi dari batangnya tanpa mengeluarkan tenaga yang besar. Sebab, energi yang digunakan yakni energi alternative pembangkit listrik tenaga surya.

“Sehingga mesin ini tidak memerlukan bahan bakar serta lebih ramah lingkungan,” ujarnya. Sebelum berhasil meraih juara dua, tim terlebih dahulu melewati tahapan seleksi. Yakni, seleksi berkas, presentasi awal, alat, dan cara kerja. Serta hasil yang diperoleh dari penggunaan alat.

“Dalam presentasi tersebut  Arief  Rahman  Edison  menjelaskan komponen alat, dan cara kerja, serta kemudahan penggunaan alat, dan efisiensinya disbanding alat lainnya. Presentasi dilakukan selama 10 menit, dan dilanjutkan Tanya jawab selama 15 menit,” ujarnya.

Kedepannya, pihaknya juga berencana untuk menambahkan panel surya agar alat dapat lebih efisien. Alat akan digunakan para petani di Lampung Tengah untuk membantu meningkatkan produktifitas pertanian, dan mengurangi penggunaan pemisah padi konfersional. (ega/c1/nui)

Go to Top