en id
Wednesday, 20 September 2017

Latest News

Teknokrat berlaga di Kontes Roket Nasional

  • Published: Thursday, 25 August 2016 07:29
  • Hits: 595

SEBANYAK tiga tim Perguruan Tinggi Teknokrat berlaga pada babak final Komurindo-Kombat 2016 yang berlangsung di Pantai Sentolo, Garut, 24 – 26 Agustus. Setiap tim mengikuti lomba di tiga kategori berbeda, yakni muatan roket, roket electric-ducted-fan (EDF), dan muatan balon atmosfer.

Di bawah bimbingan tiga dosen, yakni Maulana Aziz Assuja, Adi Ahmad Fauzi, dan Jaka Persada Sembiring, Tim Krakatau B-Sat, Krakatau I-Sat, dan Krakatau Pumahigal membangun sistem monitoring dan pengukuran yang stabil, akurat, serta presisi di bidang peroketan. “Tahun ini tantangannya lebih berat,” kata Maulana, di kampus setempat, baru-baru ini.

Menurut dia, tiap kategori memasang Tantangan berbeda. Pada muatan roket, penilaian utama pada pemantauan grafis sikap luncur roket uji muatan dalam visualisasi odometri tiga dimensi.

Sementara dalam kategori roket EDF, mahasiswa ditantang mampu mengendalikan roket EDF mencapai sasaran horizontal. Kategori muatan balon atmosfer menitikberatkan pada teknologi muatan balon untuk observasi atmosfer dan maritim.

“Kompetisi ini menguji kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun serta pengujian roket dan muatannya,” kata Maulana.

 

Ia menjelaskan pada kompetisi sebelumnya roket menggunakan pelontar. Sementara kini harus menggunakan motor elektrik. “Tantangan ini cukup berat karena roket harus melawan gravitasi,” kata dia. (IMA/S1)

Go to Top