en id
Wednesday, 20 September 2017

Latest News

Teknokrat Ikuti Lomba IT Nasional

  • Published: Friday, 02 September 2016 10:28
  • Hits: 697

DUA mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat mengikuti lomba IT nasional bertajuk Computer Festival (CompFest) 8. Pada kompetisi yang dihelat Universitas Indonesia itu, tim Teknokrat yang bernama RJ-45, mengusung aplikasi UKMNet Apps.

Aplikasi tersebut dirancang oleh Widyanata dan Dede Krisna, di bawah bimbingan dosen, yaitu Rizky Prabowo dan Ardiansyah. Kepada Lampung Post, Dede menjelaskan UKMNet Apps adalah aplikasi berbasis web yang kompatibel pada desktop maupun mobile device. Aplikasi tersebut merupakan kombinasi dari media social, online store, market place dan accounting application.

“Cabang lomba yang kami ikuti adalah hackathon,” kata mahasiswa STMIK tersebut, Rabu (31/8).

Peserta ditantang memberi solusi atas suatu studi kasus. Tantangan yang dihadapi tim RJ-45 adalah mengembangan aplikasi untuk mengatasi masalah yang dihadapi tiga usaha kecil dan menengah (UKM) bidang manajemen, legalitas, modal, dan pemasaran.

Ardiansyah menjelaskan mahasiswa dibimbing  untuk menghasilkan aplikasi yang memudahkan pemilik UKM untuk mengatur blog. “Blog tersebut dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk sekaligus menjalin hubungan  antar sesama UKM,” kata dia.

Aplikasi tersebut juga memungkinan para investor untuk melihat profil UKM yang bersangkutan. Bahkan, rancangan tersebut akan menyajikan laporan penjualan dalam bentuk grafik. 

Menurut Ardiansyah , selain mengukur kompetensi, keikutsertaan dalam kompetisi tersebut mengarahkan mahasiswa untuk mengabdikan ilmu bagi masyarakat. (IMA/S1)

Go to Top