Teknokrat Ikuti Lomba Animasi Nasional
en id
Sunday, 26 February 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Latest News

Teknokrat Ikuti Lomba Animasi Nasional

  • Published: Saturday, 10 September 2016 07:25
  • Hits: 286

Animedia, tim animasi Perguruan Tinggi Teknokrat, masuk 10 besar lomba film animasi nasional bertajuk Gemastik 9 yang diadakan di Universitas Indonesia. Pada babak final, Teknokrat akan menghadapi peserta dari berbagai daerah, antara lain Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Indramayu, dan Universitas Telkom.

Animedia memproduksi film animasi tiga dimensi berdurasi delapan menit tentang seorang pemuda yang memasarkan kerajinan daerahnya melalui internet. “Sesuai dengan tema lomba, Enabling,” kata Ketua Tim Animedia Nur Miftahul Haq, di kampus setempat, Kamis (9/8).

Anggota Animedia yakni Galih Satria, Aries Tri Wibowo, Aga Arsari, dan M. Sidiq Kuswara yang dibimbing oleh Auliya Rahman dan Ade Dwi Putra. Sebelumnya, mereka telah mengunggah teaser film tersebut ke YouTube, sesuai ketentuan lomba. Kini, Animedia mempersiapkan diri untuk presentasi di hadapan dewan juri tentang proses produksi, konsep, hingga alur cerita film yang berjudul Langkah Baru.

Galih Satria mengatakan film tersebut mengisahkan tentang upaya pemuda memasarkan kerajinan daerahnya yang ajauh dari perkotaan melalui internet.

“Pemuda itu memfotokerajinan daerahnya kemudian memasarkannya secara online,” kata dia. Sejak saat itu, banyak yang membeli kerajinan dari daerah tersebut. Sang pemuda berhasil membuat perubahan besar bagi daerahnya.

Film didukung dengan efek suara dan musik yang senada dengan lakon dan adegan. “Musik dan efek yang tepat akan meningkatkan kesan dramatis film,” kata Galih.

Pembuatan film yang digarap selama sebulan itu terdiri dari beberapa tahap, yaitu praproduksi, produksi, dan pascaproduksi. Prapoduksi adalah tahap pengumpulan ide dan penulisan skenario.

Go to Top