en id
Monday, 16 January 2017
  • Mahasiswa Teknokrat
    Sumbang Robot Drone Kepolda Lampung

Latest News

Teknokrat Juara Lomba Computer Nasional

  • Published: Monday, 26 September 2016 02:27
  • Hits: 222

SISTEM deteksi kebakaran dini rancangan tiga mahasiswa Teknokrat meraih juara III cabang internet of things pada perhelatan Computer Festifal (Comfest) 8 di Universitas Indonesia, Jakarta. Pada lomba nasional itu, mahasiswa membuat dan mempresentasikan kecangihan alat tersebut.

Arif Rahman Edison, Phandy Kurniawan, dan Nanda Bagus Prasetya adalah mahasiswa yang merancang system deteksi yang dinamai Fire Galileo. Dibawah bimbingan Rohmat Indra Borman dan Agus Mulyanto, ketiganya merancang pendeteksi kebakaran dengan sensor panas dan asap.

“Alat akan memberikan notifikasi lokasi kebakaran ke kantor pemadam,” kata slah satu perancang, Arif Rahman, dikampus setempat, sabtu (24/9).

Dilengkapi berbagai hardware canggih, alat dapat mengontrol seluruh lampu lalu lintas yang dilaluli via ponsel cerdas agar mobil pemadam tiba dalam waktu cepat.

Dalam kompetisi yang di ikuti 90 tim, Fire Galileo memukau tiga dewan juri dengan software yang memberikan notifikasi secara real time. “Sistem menuntun petugas pemadam dengan menampilkan rute perjalanan dari kantor menuju lokasi.” Ujar arif.

Selain panda, tim teknokrat yang juga lolos 12 besar adalah tim Anak Bawang. Finalis 12 besar didominasi perguruan tinggi negeri, diantaranya Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Malang, dan Universitas Brawijaya Malang. “Teknokrat satu-satunya perguruan tinggi se-sumatera yang lolos 12 besar.” Kata dosen pebimbing, Rohmat.

Finalis 12 besar mengikuti berbagai tahap, mulai dari training, masa implementasi , pembuatan produk, hingga presentasi dihadapan juri yang dilaksanakan pada 18 September.

“Kami harus mendorong mahasiswa menghasilkan rancangan sesuai kebutuhan, khususnya masyarakat Lampung,” ujar Rohmat.

Go to Top