en id
Wednesday, 22 November 2017

Latest News

Teknokrat Lolos Karya Ilmiah Nasional

  • Published: Thursday, 17 November 2016 03:11
  • Hits: 630

Kementrian Perhubungan mengundang dua mahasiswa Jurusan Tehnik Informatika Teknokrat untuk presentasi pada lomba karya ilmiah tingkat nasional. Lomba diikuti 336 peserta dari perguruan tinggi swasta dan negeri se-Indonesia.

Keduanya ialah Arif Rahman Edison dan Kurniawan Gigih Lutfi Umam, yang akan melakukan presentasi sesuai tema yakni pemanfaatan teknologi informasi dalam peningkatan keselamatan transportasi jalan pada 21 - 23 November.

Dua mahasiswa Teknokrat masuk 30 besar peserta yang diundang presentasi tingkat nasional. "Nantinya panitia akan menetapkan tiga peserta terbaik sebagai juara," kata dosen pembimbing kedua mahasiswa, Agus Mulyanto.

Dua karya mahasiswa yang akan dipresentasikan yaitu pengendali lampu lalu lintas untuk pemadam kebakaran. "Pemadam kebakaran biasanya terkendala lampu merah ketika hendak menuju ke tempat kejadian," kata dia.

Mahasiswa merancang pengendali jarak jauh yang bisa menyesuaikan lampu lalu lintas dengan waktu mobil pemadam melintas. Tujuanya, agar mobil pemadam kebakaran tiba dengan cepat tanpa membahayakan pengguna jalan lain.

Karya berikut yang akan dipresentasikan adalah sistem monitoring kendaraan. Mahasiswa menyematkan beragam sensor, mulai dari kecepatan, kadar alkohol, hingga benturan keras. Orang Tua dapat memantau kondisi kendaraan secara real-time melalui ponsel cerdas yang terkoneksi dengan sistem.

Go to Top