en id
Wednesday, 26 July 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Latest News

TEKNOKRAT JUARA ROBOT TERBANG NASONAL

  • Published: Monday, 28 November 2016 12:25
  • Hits: 617

TIM Krakatau Plane STMIK Teknokrat menyebar juara dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Lampung. Teknokrat meraih juara ketiga divisi fixed wings, mengungguli Universitas Andalas yang harus puas menjadi juara harapan. Juara I dan II diraih Universitas Gajah Mada serta Unikom.

Pembina robotik Teknokrat Maulana Aziz mengatakan anak didiknya menjuarai divisi fixed wings. “Robot kami melakukan monitoring dan pemetaan dengan baik,” kata dia kepada Lampung Post, Minggu (27/11).

Salah satu keunggulan robot terbang Tim Krakatau Plane adalah mampu terbang hingga 40 menit dengan stabil. Robot mampu melakukan pemetaan digital dan menghasilkan foto udara yang jernih.

Ditantang melakukan pemetaan area seluas 1x1 km, robot terbang hingga ketinggian 200 meter dan menemukan enam titik patok. Lebih dari 300 gambar udara dihasilkan yang selanjutnya diproses digital hingga menghasilkan foto udara berukuran besar yakni 100 megapiksel.

“Tidak ada satu gambar pun yang buram karena robot telah dibuat sedemikian rupa sehingga seluruh  posisi, termasuk ketika manuver, tetap menghasilkan foto yang baik,” kata Maulana. Pihaknya telah memperhitungkan semua faktor pendukung agar pesawat dapat melaksanakan seluruh tantangan.

Tim Krakatau Plane beranggotakan Ceceng Sujana, Aldystira Prayogo, Zakaria Sani Assubhi, dan mekanik, Angga Saputra. Pembimbing tim, Jaka Persada.

Sebelumnya, Teknokrat menyabet juara kedua divisi vertical take off tanding (VTOL) kelas water based fire extinguisher (WBFE)  KRTI 2015 di Lapangan Gading, Yogyakarta. Prestasi membanggakan juga terukir ketika Teknokrat juara 1 robot terbang rotaty wing dan juara II robot terbang fixed wing untuk kategori umum pada KRTI 2014.

  

Go to Top