en id
Monday, 23 October 2017

Latest News

Tingkatkan Penyerapan Kerja Lulusan, Teknokrat Adopsi Kurikulum Cisco dan Oracle

  • Published: Friday, 03 February 2017 11:40
  • Hits: 425

SEIRING berubahnya status perguruan tinggi ke universitas, Teknokrat gencar menggelar kegiatan. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah kegiatan peningkatan kompetensi dosen. Bila dosen Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) menggelar pelatihan menulis jurnal internasional bekerja sama dengan Universitas Padjajaran, maka Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) menggelar pelatihan  bidang database dan jaringan komputer dengan menggunakan kurikulum jaringan komputer dan basis data berstandard internasional.

Kegiatan berlangsung selama empat hari yakni 1-4 Februari 2017 di Laboratorium komputer kampus setempat. Pelatihan dibagi menjadi dua kelompok pelatihan, yakni kelompok jaringan dengan materi CISCO CCNA Routing & Switching dan kelompok Database dengan materi ORACLE. Kegiatan diikuti oleh seluruh dosen FTIK dan asisten. 

Menurut ketua pelaksana kegiatan Agus Mulyanto, S.Kom., M.T., M.Sc,  pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di FTIK. “Untuk bidang jaringan akan menerapkan kurikulum dari Cisco Academy, dan bidang database akan menerapkan kurikulum dari Oracle Academy,” papar Agus yang juga Ketua Program Studi Teknik Informatika.

Alasan memilih Cisco dan Oracle menurut Agus karena keduanya merupakan perusahaan perangkat jaringan dan perusahaan software terbesar di dunia.  Menurutnya dengan menggunakan kurikulum tersebut, orang-orang yang memiliki kompetensi dan keterampilan bersertifikat Cisco dan Oracle akan memiliki nilai jual lebih ketika melamar kerja.  

“Tujuannya untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang tersebut dan supaya mudah diserap dunia kerja. Makanya kita adobsi dan terapkan kurikulum Cisco dan Oracle pada mata kuliah jaringan dan database.

Sementara itu Dekan FTIK Yeni Agus Nurhuda S.Si., M.Cs mendukung penuh kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa dosen akan menjadi ujung tombak kualitas pendidikan. Oleh karena itu kegiatan peningkatan kualitas dosen akan terus digelar secara rutin. 

“Kita mulai dari pengembangan kompetensi dosen sehingga dapat menjadi ujung tombak pendidikan,” ujar Agus dalam sambutan pembukaan.

Dikutip Wikipedia, Cisco Systems Inc merupakan perusahaan global dalam bidang telekomunikasi yang bermarkas di San José, California, Amerika Serikat. Perusahaan yang berdiri sejak 1984 ini menjual jaringan dan komunikasi teknologi, peralatan dan pelayanan untuk transportasi data, suara dan video ke seluruh dunia. Produk perusahaan dan pelayanan terdiri dari beberapa kategori diantaranya adalah router, swicth, network access, IP telephony, keamanan, Jaringan fiber optik, jaringan data center, jaringan via sinyal, jaringan untuk rumah, dukungan layanan teknis dan pelayanan jaringan. Sementara Oracle memasarkan jenis basis data untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merek perangkat keras komputer.(*)

Go to Top