en id
Monday, 23 October 2017

Latest News

BANGUN DESA, KODIM 0410 GANDENG MAHASISWA TEKNOKRAT

  • Published: Tuesday, 07 March 2017 07:42
  • Hits: 405

Caption Foto: sepakat kerjasama: Dandim 0410 Letnan Kolonel Arm. Didik Harmono dan jajaran bersama Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H.M. Nasrullah Yusuf.

 

BANDARLAMPUNG – Jika dulu kita familier dengan program ABRI Masuk Desa (AMD), saat ini tentara memiliki program yang serupa dengan nama Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD).

 

Kegiatan tersebut akan digelar satu bulan penuh. Yakni mulai 4 April hingga 4 Mei 2017. Dalam kurun waktu itu, anggota TNI dan masyarakat berbaur dalam berbagai program baik pembangunan fisik maupun non fisik.

 

Dalam kegiatan tersebut, Komando Distrik Militer (Kodim) 0410 Bandarlampung menggandeng mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia. Ajakan kerja sama itu disampaikan langsung oleh Komandan Kodim (Dandin) 0140 Letnan Kolonel ARM Didik Harmono kepada Rektor Dr. HM Nasrullah Yusuf, S.e., M.B.A. saat mengunjungi kampus setempat, kemarin (6/3).

 

Didik mengatakan, pihaknya sengaja memilih teknokrat sebagai mitra karena reputasi yang dimiliki kampus tersebut, terutama dibidang robotika, multimedia, dan jurnalisme. “Mahasiswa akan aktif terlibat dalam kegiatan TMMD dalam peroses peliputan menggunakan drone karya mahasiswa dan pembuatan vidio dokumentasi, dan lainnya,” Uraian dia.

 

Dia mengaku ingin melibatkan mahasiswa untuk bersama-sama membangun masyarakat. “Saya yakin dengan melibatkan mahasiswa Teknokrat hasilnya akan bagus,” ujar Dandim di ruangan VIP Teknokrat.

 

Didik menjelaskan, kegiatan yang akan diselenggarakan meliputi kegiatan pembangunan fisik dan non fisik. Kegiatan pembangunan fisik diantaranya pengecoran dan pengaspalan jalan, pembuatan drainase, gorong-gorong, MCK, dan Pos Kamling.

 

Sementara kegiatan non fisik akan diisi dengan penyuluhan wawasan kebangsaan, pemberdayaan perempuan, bank darah desa (pendataan golongan darah), penyuluhan undang-undang lalu lintas, penyuluhan UMKM, dan desa percontohan. “Kegiatan ini akan digelar di beberapa wilayah di Bandarlampung,” tandasnya.

  

Selain itu, pihaknya juga akan tekankan mengenai sanitasi dan wc-nisasi. “Kita tau sendiri, meskipun di Bandarlampung, tetapi masih banyak warga yang belum menjaga kebersihan lingkungan,” ungkap Didik.

 

Merespon hal tersebut, Nasrullah Yusuf menyatakan dukunganya terhadap program TMMD. Ia sangat antusias dengan ajakan Dandim. Menurut Rektor Universitas Teknokrat Indonesia tersebut, mahasiswa memiliki kewajiban untuk mengabdi kepada masyarakat, sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

“Keterlibatan mahasiswa kami juga menunjukkan bahwa karya-karya yang diciptakan mahasiswa diakui dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” sebutnya saat menerima kunjungan itu.

 

Selain pengabdian, keterlibatan mahasiswa dalam program tersebut merupakan bukti kedekatan antara aparat dengan mahasiswa dan masyarakat.”Untuk membangun masyarakat perlu dilandasi semangat gotong-royong dan persatuan. Semoga ke depan jalinan kerja sama ini dapat diikuti oleh pihak-pihak lainnya,” harap Nasrullah.

 

Diketahui, dalam kunjungan itu, dandim didampingi Kasat Intel Kapten Didik S. Dan jajaranya. Sementara selain rektor dari pihak Teknokrat hadir wakil Rektor I, Yeni Agus Nurhuda, S.Si., M.Cs, sejumlah dosen dari UKM Robotik. (rls/c1/nui)

Go to Top