en id
Sunday, 20 August 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Latest News

37 ROBOT KARYA PELAJAR SE-LAMPUNG IKUT KONTES ROBOT TEKNOKRAT 2017

  • Published: Thursday, 30 March 2017 03:56
  • Hits: 459

UNIVERSITAS Teknokrat Indonesia baru saja menggelar kegiatan Kontes Robot 2017. Kegiatan berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 24-25 Maret 2017 lalu. Lomba berjalan meriah diikuti oleh 74 peserta dari 37 tim robot yang berasaldari 13 sekolah di Provinsi Lampung, seperti SMKN 2 Bandar Lampung, SMA YP Unila, SMAN 1 Mesuji, sman 1 Pringsewu, dan lain sebagainya.

 

DALAM LOMBA yang diadakan di Gelanggang Mahasiswa kampus setempat, panitia membuat dua kategori yakni Kontes Line Follower yang diikuti oleh 19 tim, dan Kontes Roket Air diikuti 18 tim. Lomba berjalan meriah. Tampak para pendukung dari peserta l;omba turut memeriahkan dengan tepukan-tepukan semangat.

 

Tampil sebagai pemenang dari kategori Kontes Line Follower adalah SMKN 3 Metro sebagai juara 1 dan 2 lalu SMA YP Unila sebagai juara 3. Sementara untuk Kontes Roket Air, SMKN 2 Bandar Lampung tampil sebagai pemenang, disusul SMAN 1 Pringsewu sebagai juara 2 dan SMA YP Unila sebagai juara 2.

 

Menurut Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Yeni Agus Nurhuda, S.Si., M.Cs., kontes robot ini digelar untuk merangsang dan meningkatkan minat dan bakat siswa pada dunia teknologi robotika.

 

“Sesuai tema kegiatan “Creating Excellent Generation Through Mastering Robotics Competency”, kita berusaha menciptkan generasi hebat di bidang robotika. Kami mengajak para pelajar di provinsi Lampung agar termotivasi menciptakan karya-karya robotika dan mengembangkan teknologi Robotika yang sudah ada,” tutur Agus di sela-sela kegiatan.

 

Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Mahathir Muhammad, SE., MM. mengaku sangat bangga dapat melihat para pelajar Indonesia bersaing dalam prestasi. Terlebih di bidang robotika yang masih belum popu;er di beberapa sekolah di Indonesia, khususnya di Lampung.

 

“Robotika perlu skill tinggi. Saya bangga karena masih banyak generasi muda yang bersemangat mengambangkan robotika. Harapan saya, kegiatan robotika ini dapat dikembangkan di semua sekolah. Dengan begitu teknologi di Indonesia kian berkembang dan maju,” ujar kandidat doktor Universitas Padjajaran tersebut saat menutupacara, Sabtu sore, 25/3/2017.

 

Mahathir menambahkan, Teknokrat sebgai kampus sang juara, tak terkecuali di bidang robotika akan senantiasa mengambangkan dan memajukan teknologi robot. “Kontes Robot Teknokrat yang rutin diadakan setahun sekali ini merupakan bukti kepedulian Teknokrat terhadap dunia robotika,” jelasnya.

 

Bagi Teknokrat, bidang robotika merupakan salah satu program andalan. Berbagai prestasi bai di tingkat regional dan nasional telah diukir mahasiswa robot. Selain itu, Teknokrat memiliki pesawat drone yang canggih dan telah digunakan oleh sejumlah lembaga baik pemeriontah mapun swasta.(*)

Go to Top