MANTAP! MAHASISWA TEKNOKRAT SABET MAWAPRES SE-SUMBAGSEL
en id
Sunday, 25 June 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Latest News

MANTAP! MAHASISWA TEKNOKRAT SABET MAWAPRES SE-SUMBAGSEL

  • Published: Thursday, 06 April 2017 08:11
  • Hits: 189

Selamat!: Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, Redika Cindra Reranta (kiri), yang menyandang predikat Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Kopertis Wilayah II Sumbagsel 2017.

 

BANDARLAMPUNG – Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, Redika Cindra Reranta, meraih prestasi membanggakan. Jurusan sastra Inggris 2014 itu menyandang predikat Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Kopertis Wilayah II Sumbagsel 2017.

 

Dalam pemilihan di kantor kopertis II Palembagn pada 16 Maret lalu, Redika menyisihkan pesaing dari 18 perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah Sumbagsel. Ia mengungguli kompetitornya dalam beberapa kompetensi, prestasi karya ilmiah, wawancara dan penilaian prestasi, serta kemampuan bahasa Inggris. Selain itu, juri juga menilai prestasi individu dan kepribadian.

 

Menurut Redika, dirinya telah mempersiapkan diri sejak jauh hari guna menghadapi kompetensi tersebut. Selain mendapatakan pembekalan dari kampus, ia juga mempersiapkan secara mandiri dengan berkali-kali mengikuti seminar dan menjadi pemakalah dalam seminar atau konferensi tingkat nasional.

 

“Saya memberanikan diri menulis dan mengikuti seminar bersama dosen. Sehingga saya jadi terbiasa menyajikan materi di depan orang dewasa,” tutur mahasiswa dengan IPK 3,91 itu.

Ia mengaku bersyukur memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Berbagai prestasi di bidang bahasa pun telah banyak diraih. Dalam kehidupan sehari-hari ia sering mendapatkan panggilan untuk memandu acara dalam berbagai kegiatan. Satu hal yang membuatnya bangga, Redika juga mahir berpantu. Keahlian tersebut yang menurutnya membantu dirinya meraih kemenangan.

 

“Saat presentasi, saya sering berpantun sehingga membuat juri dan peserta lain tertarik pada materi saya. Ya sesuai lah dengan judul karya tulis saya Nasionalisasi Falsafah Hidup Lampung sebagai Pembangun Bangsa,” ujarnya.

 

Terpisah, Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) M. Yuseano Kadriansyah mengatakan, secara intensif pihaknya telah mempersiapkan mahasiswa dimasud sejak dua bulan lalu.

 

“Kandidat yang diutus ke Kopertis merupakan kandidat terpilih dari kampus. Setelah proses seleksi kami berikan menu pelatihan intensif meliputi pembimbingan karya tulis, teknik presentasi, dan public speaking,” ujar dosen Prodi Sastra Inggris tersebut.

 

Sementara itu Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Nasrullah Yusuf mengungkapakan, kemenangan tersebut telah mempresentasikan kualitas pendidikan di Teknokrat. Mahasiswa tak hanya didorong meraih IPK tinggi, tetapi juga dibekali berbagai keterampilan baik soft skill maupun hard skill.

 

“Presentasi tersebut merupakan bukti pendidikan di kampus ini menekanknan pada karakter sang juara. Ini juga menunjukan bahwa kita siap bersaing dengan kampus-kampus terbaik di negara ini,” tutur Nasrul.

 

Dalam partai puncak Mawapres tersebut, terdapat enam pemenang. Setelah Redika dari Universitas Teknokrat Indonesia, juara dua diraih STMIK MDP Palembang, STISIPOL Candra Dimuka Palembang (3), Universitas Bina Darma Palembang (4), UM Metro Lampung (5), dan STIE MDP Palembang (6). (ega/c1/ade)

Go to Top