en id
Sunday, 20 August 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Latest News

Mahasiswa Teknokrat Maju ke Final Festival Information Technology Tingkat Nasional

  • Published: Monday, 10 April 2017 07:10
  • Hits: 375

Universitas Teknokrat Indonesia meloloskan satu tim ke babak final Festival Information Technology (FIT) Competion 2017 Tingkat Nasional. Pada lomba yang diselenggarakan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Jawa Tengah tersebut Teknokrat lolos dalam kategori Mobile Programming.

Aplikasi yang dibuat oleh Kurniawan Gigih Lutfi Umam, Claudia Jonathan, dan Elfin Sanjaya tersebut dinamakan Safety Car Monitoring System(SCMS). Aplikasi tersebut dapat memonitoring pengemudi remaja saat berkendara.

Sehingga, Orang tua dapat mengatur limit kecepatan sehingga apabila anaknya berkendara melebihi batas yang ditentukan akan muncul notifikasi pada HP berbasis android.”Ketika muncul notifikasi orang tua dapat menelepon anaknya yang kedapatan sedang ngebut. Syaratnya harus tersambung ke sound system mobil, agar suaranya dapat didengar melalui speaker mobil,”tutur Umam.

Selain pendeteksi kecepatan, terdapat fitur lain yaitu pendeteksi kadar alkohol pengemudi,pendeteksi lokasi pengemudi dan pendeteksi kecelakaan. Menurutnya bila terdeteksi si pengemudi sedang mabuk, maka mobil secara otomatis tidak akan hidup. Karena alat tersebut dapat mendeteksi dari mulut dan nafas pengemudi.

Sementara bila terjadi kecelakaan, aplikasi secara otomatis akan mengirimkan notifikasi ke rumah sakit dan kantor polisi terdekat. “Aplikasi juga akan memberikan informasi jalur tercepat menuju lokasi kecelakaan sehingga korban cepat ditangani,” jelas mahasiswa Teknik Informatika tersebut.

Dosen pembimbing lomba, Imam Ahmad M.Kom, menuturkan, mahasiswa telah mempersiapkan diri selama tiga bulan. Sebelum lolos ke final, Teknokrat berhasil menyisihkan 93 peserta lainnya yang berasal dari berbagai universitas dan perguruan tinggi di Indonesia.

“Semoga tahun ini bisa juara. Tahun lalu kami juga ikut tapi belum menang. Karya mahasiswa ini sangat istimewa, karna bukan hanya mengenai teknik pembuatannya tetapi fungsinya yang sangat mulia. Mudah-mudahan aplikasi tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutur dosen Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer tersebut.

Terpisah, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr HM Nasrullah Yusuf, SE, MBA berharap mahasiswa terus menciptakan karya-karya teknologi yang berguna untuk masyarakat. Menurutnya, prestasi demi prestasi yang ditorehkan mahasiswa merupakan buah dari kerja keras kampus dalam membangun kekuatan di bidang komputer dan teknologi informasi.

“Selain robotika, ini keunggulan yang kami miliki. Saya akan mendorong Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer sebagai kawah candra di muka teknologi informasi. Dengan banyaknya karena teknologi yang dihasilkan mahsiswa, semakin banyak sumbangsih kampus terhadap masyarakat,”ujar Nasrull.

Pada babak final yang akan digelar 2-4 Mei 2017 mendatang, Teknokrat akan bertarung dengan 7 finalis dari kampus lain yaitu STMIK GI MDP, 4D-MDP-STMIK GI MDP, Universitas Bima Nusantara, Universitas PGRI Semarang, Universitas Katolik De La Salle Manado, dan Unversitas Bina Nusantara sebanyak dua tim.

Go to Top