en id
Sunday, 20 August 2017
  • Team Robotik
    Mahasiswa Teknokrat

Latest News

Tiga Mahasiswa Teknokrat Jadi Duta Bahasa

  • Published: Tuesday, 25 April 2017 09:37
  • Hits: 297

Tiga mahasiswi Universitas Teknokrat Indonesia terpilih menjadi Duta Bahasa Provinsi Lampung tahun 2017 dalam babak final Pemilihan Duta Bahasa yang digelar Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Jumat (14/4).

Ketiganya yakni Yessicha Bella yang meraih peringkat kedua; Alletta Rossa Emitta(3); dan Masnia Rahayu(harapan 2). Sebagai duta bahasa, mereka memiliki tugas khusus untuk mengampanyekan pada masyarakat Lampung bagaimana berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mereka juga akan mewakili Lampung pada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Bahasa dan budaya. Indah Yesica mengatakan, dengan menjadi duta, berarti juga memiliki fungsi untuk berusaha menjaga harkat dan martabat bangsa Indonesia.

“Seorang duta itu bertugas mengharumkan nama Indonesia. Kalau duta bahasa ya caranya dengan menjaga bahasa. Ke depan para duta Bahasa akan melanjutkan program kerja tahun sebelumnya yakni aktif di tanam baca anak-anak,” ujar mahasiswi Sastra Inggris yang juga merupakan muli asal Pesawaran tersebut.

Pembina UKM Duta Teknokrat Ryan Randy Suryono mengatakan, ajang tersebut menjadi sarana mengkampanyekan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di kalangan muda. Menurutnya duta Bahasa adalah representasi pemuda yang memiliki kepekaan terhadap Bahasa Indonesia.

“Duta Bahasa itu memberikan contoh yang baik bagaimana berbahasa Indonesia yang baik. Banyak anak-anak sekarang malu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik. Lihat saja mereka lebih banyak menggunakan Bahasa gaul,” ujar dosen Sistem Informasi tersebut.

Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung dimulai dari 20 Maret lalu dan diikuti 105 peserta. Sebelum masuk babak final peserta harus mengikuti serangkaian tes seperti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia, membuat esai kebahasaan, dan wawancara.

Tahap berikutnya adalah babak 50 besar sebelum akhirnya babak final yang mempertandingkan 30 peserta. Pada babak tersebut para finalis diwajibkan dapat menjawab tiga pertanyaan mengenai kebahasaan, adat Lampung, dan isu-isu terkini.

 

Go to Top