en id
Monday, 23 October 2017

Latest News

Nasrullah Ajak Mahasiswa Menulis

  • Published: Wednesday, 11 October 2017 10:37
  • Hits: 49

Mahasiswa juga bisa berperan dalam kemajuan pembangunan di daerahnya. Salah satu caranya dengan memberikan gagasan dan ide-ide bagi pemerintah daerah terkait pembangunan.

Apalagi, pemerintah daerahnya membuka ruang untuk menyalurkan aspirasi dari masyarakatnya. Seperti halnya dilakukan pemerintah Provinsi Lampung melalui satuan kerjanya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), menulis surat kerja sama dengan SKH Radar Lampung.

“Diharapkan, ini bisa menjadi ajang positif bagi pemuda dalam menyalurkan pemikirannya kepada pemerintah. Ini juga kesempatan untuk mahasiswa supaya tidak segan- segan menuliskan pemikiran dan perasaannya kepada Bapak Gubernur. Terlebih, pak Gubernur yang meminta langsung,” kata Rektor Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) Lampung Dr.H.M.Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A.

Dengan mengikuti kegiatan lomba menulis semacam ini juga, tandasnya, juga memberikan inisiatif bagi mahasiswa dan pelajar untuk mulai belajar cara menulis yang benar dan santuan. “Kalau memang ada kritikan yang ingin disampaikan, bisa disampaikan dengan bahasa santun. Supaya mencerminkan mahasiswa yang berpendidikan dan beretika tambahnya.

Selain itu, sambungnya, mahasiswa juga bisa belajar bagaimana menyampaikan pendapat yang berimbang. “Artinya, bisa melihat juga apa yang sudah dilakukan gubernur untuk lampung, menyampaikan pendapat melalui referensi -referensi yang ada,”tukasnya.

Karenanya Nasrullah juga mengajak seluruh mahasiswa dan pelajar di Lampung untuk bisa turut serta dalam lomba menulis surat tersebut. Bisa juga untuk menceritakan soal keadaan lingkungan tempat tinggal mereka dan lain sebagainya.

Sebagaimana diberitakan harian ini kemarin (9/10), nasib bangsa kedepan ada di tangan pemuda. Tidak terkecuali saat ini. Sehingga semua pihak perlu memberikan pembinaan kepada generasi muda agar mereka menjadi menjadi generasi yang cerdas, kreatif, inovatif, dan punya kepedulian tinggi terhadap kemajuan daerah, bangsa, dan negaranya.

Dalam upaya itu pula, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda menyelenggarakan lomba menulis untuk tingkat pelajar dan mahasiswa. Lomba berlangsung mulai 2 hingga 31 Oktober 2017 ini bekerja sama dengan SKH Radar Lampung (petunjuk lengakap baca halaman 6).

Kepala Disdikbud Lampung Drs. Sulpakar,M.M. Mengatakan, melalui lomba menulis ini di harapkan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa pelajar dan mahasiswa. Khususnya keterampilan menyimak, membaca, dan menulis.

Untuk dapat menulis, jelasnya, tentu harus punya wawasan luas. Kemudian agar punya wawasan luas harus banyak menyimak dan membaca. Baik itu membaca teks maupun konteks.

“Jadi menyimak, membaca, dan menulis merupakan satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan,” kata Sulpakar di damping Sekretaris Disdikbud Drs.Azwarodi,M.Si. kemarin.

Karena itu, lanjut dia, lomba menulis ini bukan sekedar meningkatkan keterampilan berbahasa. Melainkan gerakan literasi agar pelajar dan mehasiswa terus belajar dan belajar sehingga menjadi generasi cerdas, terampil, kreatif, dan inovatif. “Kemudian responsive, punya kepedulian tinggi terhadap berbagai situasi dan kondisi di lingkungan sekitarnya,”jelasnya Sulpakar.

Go to Top