en id
Wednesday, 22 November 2017

Latest News

Mantap! Teknokrat Sabet Dua Juara dalam Kontes Robot Terbang Indonesia

  • Published: Saturday, 21 October 2017 12:20
  • Hits: 90

TIM Robotik Universitas Teknokrat Indonesia benar-benar jagoan. Kontes robot tingkat nasional sudah kesekian kali meraih juara. Kali ini Tim Robotik Teknokrat berhasil meraih prestasi yang membanggakan dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tingkat nasional yang digelar di Pasuruan Jawa Timur (16-21/10/2017).

Tak tanggung-tanggung dua tim robot Universitas Teknokrat Indonesia berhasil meraih juara. Juara II untuk kategori fixed wing dan Juara III kategori vertikal takeoff and landing  (VTOL). Teknokrat bertengger bersama para juara lainnya seperti UGM, Universitas Telkom, dan tuan rumah ITS.

Dosen pembimbing Robotik Maulana Aziz Assuja, MT, Jumat (20/10/2017) menuturkan, bahwa prestasi tersebut sangat istimewa mengingat lawan-lawan yang dihadapi berasal dari berbagai kampus besar di Indonesia. Maulana menjelaskan, bahwa kontes kali ini tidak mudah mengingat cuaca yang ekstrem dan cepat berubah.

“Untuk fixed wing, banyak pesawat lain yang crash karena panas yang luar biasa. Alhamdulillah pesawat kami terbang pertama dan dapat menyelesaikan semua misi. Beruntung kami sudah menggunakan manufactur berbahan composite sehingga kuat, rigid, namun tetap ringan,” ungkap dosen komputer tersebut.

Sementara untuk VTOL jelas Maulana, karya mahasiswa Teknokrat berhasil menuntaskan misi untuk pick up dan drop logistik.

“Tak seperti pesawat lain yang masih mengandalkan GPS, pesawat kami sudah mengintegrasikan wahana dengan kamera dan kemampuan computer vision, sehingga mampu mengenali objek dan melakukan positioning wahana tepat di atas objek,” ujar Maulana Azis.

Sementara itu, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, mengatakan, bahwa keberhasilan Tim Robotik di pentas nasional menjadi modal dan pengalaman yang berharga untuk terus meningkatkan kualitas.

“Keberhasilan tersebut makin mengokohkan citra Teknokrat sebagai kampus teknologi berprestasi, terutama di bidang robotika dan pemrograman. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami dapat mensejajarkan diri dengan kampus-kampus besar di Indonesia,” ujar Nasrullah di kampus Teknokrat, Jumat, (20/10/2017).

Selain itu kata Nasrullah, prestasi itu bukan hanya menunjukkan keberhasilan pendidikan di Teknokrat. “Lebih dari itu, banyaknya karya mahasiswa Teknokrat yang menjuarai kontes nasional merupakan bentuk kontribusi dalam mengembangkan teknologi informasi di Indonesia,” tuturnya.

KRTI merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Ristek Dikti. Tahun ini KRTI dilaksanakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya. Tema KRTI tahun ini yaitu “Menuju Kemandirian Teknologi Wahana Terbang tanpa Awak”. Adapun peserta KRTI 2017 terdiri dari 77 tim dari perwakilan perguruan tinggi se-Indonesia.

Universitas Teknokrat dalam KRTI 2017 mengirim dua tim yakni Tim Krakatau Plane dan Krakatau X-7. Berikut daftar pemenang pada kategori fixed wing: UGM, Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Telkom. Sementara pada kategori VTOL: ITS, UGM dan Universitas Teknokrat Indonesia.

Go to Top