en id
Wednesday, 22 November 2017

Latest News

Kemajuan Teknologi Jadi Tantangan Generasi Muda

  • Published: Wednesday, 01 November 2017 10:40
  • Hits: 38

Pengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi dianggap sebagai tantangan yang di hadapi generasi muda saat ini. Semangat Sumpah Pemuda hendaknya kembali digelorakan oleh kalangan muda, untuk terus berkarya dan dan membangun komunikasi di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk.

Hal tersebut menjadi inti sari dari seminar kebangsaan bertema Masa depan NKRI  ada di tangan pemuda yang digagas Ikatan Cedekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Lampung, di kampus Universitas Teknokrat Indonesia Lampung, Selasa (31/10).

Dalam seminar yang di hadiri ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Lampung tersebut, turut menjadi pembicara para tokoh pemuda dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Pemuda Katolik, Pemuda Hindu, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia Lampung KH Khairudin Tahmid.

Wakil Ketua KNPI Lampung Idham Manaf menyebut selama ini peringatan Sumpah Pemuda lebih banyak dilakukan dengan seremonial upacara yang justru lebih banyak dilakukan para pejabat. Kesempatan pemuda untuk mendapatkan pemahaman tentang Sumpah Pemuda justru masih minim.

Diskusi kebangsaan lintas pemuda yang digagas ICMI Lampung dapat menjadi solusi. Selain itu, menurutnya, kemajuan teknologi khususnya makin masifnya penggunaaan media sosial di kalangan pemuda sangat rawan memancing perpecahan karena kurangnya kesempatan antarpemuda berdiskusi.

Ketut Artaye, dari perhimpunan Pemuda Hindu Lampung, menilai tantangan yang di hadapi pemuda saat ini adalah perkembangan teknologi akibat pengaruh globalisasi. “Perkembangan teknologi pengaruhnya sangat besar, bisa menjadi media masuknya ideologi-ideologi baru, hingga tidak sadar memudarkan rasa nasionalisme pemuda,” kata dia.

Banyak pemuda yang lebih sibuk dengan kesendiriannya tanpa harus merasa perlu bersosialisasi karena menggunakan teknologi.

Ketua ICMI Lampung Yusuf S Barusman mengatakan generasi muda khususnya mahasiswa memiliki tanggung jawab melanjutkan pembangunan di Indonesia. ICMI Lampung sengaja mengundang para tokoh muda untuk hadir dan memberikan wawasan kepada para pemuda juga mahasiswa.

“Jika belajar dari sejarah, permudalah tokoh intelektual yang turut mendesain bangsa ini, kita perlu meneruskan apa yang telah di desain oleh para tokoh tokoh pemuda terdahulu kata dia.

Go to Top