Mahasiswa Teknik Sipil Teknokrat Kuliah Praktik di Proyek Realistate
en id
Tuesday, 22 May 2018

Latest News

Mahasiswa Teknik Sipil Teknokrat Kuliah Praktik di Proyek Realistate

Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan kuliah praktek lapangan ke lokasi pengembangan realestate. Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari pada Jum’at-Minggu, -4 Februari 2018 di salah satu realestate yang sedang dikembangkan di Lampung Selatan.

Selesai melaksanakan kuliah praktek ke proyek pengembangan realestate, para mahasiswa Teknik Sipil Teknokrat melakukan praktikum pembuatan pondasi dasar dan pengecoran sloof di Kanpus Teknokrat.

Ketua Program Studi Teknik Sipil Dian Pratiwi, M.Eng mengatakan, program kuliah praktek tersebut merupakan kegiatan yang dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada mahasiswa tentang bagaimana membuat rumah hunian sederhana di mulai dari persiapan pondasi. “Kami membuat program kuliah praktek ini dengan tujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keteknik sipilan sebagai pondasi awal untuk membangun kompetensi yang lebih luas lagi,” ujar Dian.

Kegiatan yang dilakukan mahasiswa ini, menurut Dian adalah melakukan assesment bangunan pada perumahan dan praktik pembuatan pondasi, sloof, kolom, serta pemasangan batu bata. Selain itu untuk membangun soft skills mahasiswa dalam bekerjasama dan berkomunikasi dalam tim kerja.

Dalam kuliah praktik di lokasi pembangunan perumahan di Lampung Selatan ini,  mahasiswa turut didampingi Wakil Dekan I Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia Agus Mulyanto, MSc.  dan dosen senior di bidang keahlian bangunan sipil, Susarman ST, MT dan Kastamto ST, MT. Sedangkan pelaksanaan praktikum yang dilakukan di kampus Teknokrat, para mahasiswa dibimbing langsung oleh Ketua Proggram Studi Teknik Sipil, selain Kaprodi Teknik Sipil, kegiatan juga didampingi oleh instruktur sekaligus praktisi, Thirza Manizar ST dan Phohan ST.

Program kuliah praktek ini diapresiasi oleh Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr HM Nasrullah Yusuf, SE, MBA. Rektor mengatakan bahwa program tersebut sangat penting dilakukan karena mahasiswa Teknokrat bukan hanya paham ilmunya tetapi juga terampil, termasuk hal-hal teknis yang biasa dilakukan teknisi di lapangan.

“Kita membutuhkan mahasiswa yang pandai sekaligus terampil dalam Ilmu Sipil. Bangsa ini butuh mahasiswa yang bukan hanya pandai tetapi sekaligus  pekerja keras, kreatif, dan mampu menciptakan karya-karya fenomenal yang sesuai dengan karakter dan kepribadian bangsa,” ujar Rektor UTI di sela-sela aktivitasnya.

Rektor karismatik ini menambahkan, bahwa UTI memang mendorong Prodi Teknik Sipil untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Ia menginginkan Prodi Teknik Sipil yang baru tersebut dapat lebih maju dan berkualitas sehingga lulusannya nanti dapat berkontribusi bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia khususnya di Lampung.

Go to Top