Saturday, 25 June 2016
  • Mahasiswa Teknokrat
    Sumbang Robot Drone Kepolda Lampung

Mahasiswa Teknokrat Ikuti Pembinaan World University Debating Championship (WUDC)

Dalam rangka kegiatan World University Debating Championship (WUDC) Tahun 2011 di Manila, Filipina, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) melaksanakan pembinaan tahap pertama terhadap pemenang National University English Debating Championship (NUEDC) 2011. 

Dua mahasiswi Sekolah Tinggi Bahasa Asing Teknokrat, yang juga pemenang Best Novice NUEDC 2011 turut diundang untuk mengikuti pembinaan ini. Nurul Djanah dan Sheilla Listyana Koesin bertolak ke Bandung pada tanggal 7 Oktober 2011.Pembinaan yang berlangsung selama tiga hari ini dilaksanakan di salah satu hotel bintang lima di Bandung, yaitu Aston Primera Pasteur Hotel and Convention Center. Para pemenang NUEDC 2011 lainnya juga berkumpul untuk mengikuti pembinaan tahap 1 ini, antara lain Universitas Binus Internasional, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Indonesia.Walaupun hanya berlangsung 3 hari, jadwal acara telah disusun dengan padat. Pembinaan tersebut dirancang semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Beberapa materi yang diberikan dalam pembinaan, seperti motions exploration, strategi debat, beberapa praktek debat, evaluasi, sharing, dan sebagainya. Materi – materipun diberikan oleh para core adjudicators yang sudah senior dalam dunia debat dan sudah beberapa kali mengikuti kejuaraan debat internasional. Mereka berasal dari beberapa universitas, yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, dan Universitas Binus.


Banyak sekali ilmu debat brilian yang dieksplorasi pada sesi pembinaan ini, ungkap Nurul Djanah. Ilmu – ilmu yang didapatkan di sini belum tentu bisa didapatkan dari luar dengan hanya membaca taktik debat, menonton video debat, ataupun sekadar latihan debat. Di sini kami dapat belajar langsung dari para senior yang mempunyai pengalaman mengenai perlombaan internasional, dan royal untuk membagi pengetahuan mereka kepada kami, tambah Sheilla Koesin. Selain itu, berlatih dengan tim – tim tangguh seperti Binus Internasional, ITB, dan UI membuat delegasi Teknokrat lebih terpacu mengasah kemampuan mereka, untuk berjuang bersama dalam mewakili Indonesia akhir tahun ini di Manila.

 

Go to Top