Monday, 02 May 2016
  • Mahasiswa Teknokrat
    Sumbang Robot Drone Kepolda Lampung

Teknokrat Pusat Robotik dan Roket

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2015/Maret/JKR1.jpgPerguruan Tinggi Teknokrat sebagai pusat robotik dan roket, mengadakan kontes robot dan roket antar siswa SMA/SMK sederajat se-Provinsi Lampung(14-15/3). Kontes ini bertujuan untuk memacu minat siswa di bidang robotik dan roket, walaupun kemungkinan pelajaran dan praktiknya belum ada disekolah. 

Selain itu,  kontes tersebut memotivasi siswa untuk menguasai teknologi masa depan. Pada era 1990-an, Prof. Dr. Ing. Bj. Habibie mampu mendidik anak bangsa dapat membuat pesawat terbang. Kini kita juga seharusnya mampu memproduksi robot dan roket yang dapat bermanfaat pada bidang komunikasi, militer, pertanian, perkebunan dan lain sebagainya. 

 

Teknokrat sebagai pusat robotik dan roket memiliki peluang untuk melahirkan Bj. Habibie berikutnya dengan pengembangan pendidikan melalui seminar robotik dan roket ke sekolah-sekolah. Teknokrat juga terbuka memberikan pelatihan di kampus bagi para siswa yang berminat menguasai bidang robotik dan roket. Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat H. Mahathir Muhammad, SE., MM menyatakan bahwa tidak hanya sekedar menyelenggarakan kontes, kegiatan ini bertujuan agar teknologi robotik dapat dikenal oleh sekolah-sekolah di Provinsi Lampung dan tidak menjadi sesuatu yang sulit serta asing bagi siswa.

 

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2015/Maret/JKR2.jpg
Roket hasil karya Peserta Kontes Robot Teknokrat

 

Kontes robot dan roket yang diselenggarakan mengusung tema kreativitas tanpa batas, menuju sang juara yang berkualitas menampilkan 23 tim robotik dari 14 sekolah,  terdiri dari 11 tim roket air, dan 12 tim line follower. Potensi siswa SMA/SMK Lampung dalam menciptakan robot dan roket sangat luar biasa. Terbukti pada kontes robot dan roket ini, para siswa mampu membuat robot dan roket sesuai dengan kriteria pertandingan. 

 

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2015/Maret/JKR3.jpg
Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat H. Mahathir Muhammad, SE., MM., menyaksikan Kontes Robot Line Follower dan Peluncuran roket hasil karya peserta kontes

 

Pada kontes Robot Line Follower memiliki kriteria penilaian yaitu menuntut robot beradu kecepatan dengan mengikuti arah garis dari  start sampai dengan finish. Robot yang sampai terlebih dahulu pada garis finish, akan memenangkan pertandingan. Penilaian pada kontes roket, diawali dengan uji spesifikasi roket untuk mengetahui kelayakan roket, dilengkapi dengan sistem parasut agar dapat menggantung setelah diluncurkan. Roket harus meluncur pada sudut elevasi sekitar 80 derajat dan mempertahankannya minimal 10 detik. Roket yang dapat meluncur tertinggi serta separasi ditentukan sebagai pemenang.

 

Pada akhir pertandingan untuk kontes Roket, SMK Pelita Gedong Tataan meraih juara1 dan 2, kemudian SMA Negeri 2 Bandar Lampung meraih juara 3. Selanjutnya, pada Kontes Robot Line Follower SMK YPI Tanjung Bintang meraih juara 1, SMA Negeri 1 Kota Gajah sebagaijuara 2, dan disusul SMA Negeri 2 Bandar Lampung mendapatkan juara 3.

 

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2015/Maret/JKR4.jpg

 

Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat, Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE., MBA. mengungkapkan bahwa dengan kontes ini diharapkan dapat memotivasi generasi muda untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam bidang teknologi, guna membangun bangsa Indonesia lebih maju dan berkualitas. Tim robot Teknokrat, juga telah menciptakan robot Drone (Robot Terbang) yang berhasil menjuarai Tingkat Nasional. Pesawat Drone Perguruan Tinggi Teknokrat adalah karya teknologi canggih untuk mengambil foto dan video melalui udara untuk pemetaan wilayah perkebunan, pertanian, kepulauan, area pabrik dengan  luas area yang mampu di capture mencapai 500 Ha.

 

Go to Top