Friday, 27 May 2016
  • Mahasiswa Teknokrat
    Sumbang Robot Drone Kepolda Lampung

Perangkat Ciptaan Mahasiswa TEKNOKRAT Absensi Berbasis Wajah dan Suara

Bandar Lampung - Ferizi Maltha, mahasiswa Teknik Komputer AMIK Teknokrat, menciptakan teknologi identifikasi wajah dan suara untuk merekam keharian karyawan. Menurutnya,kedisiplinan dalam mematuhi  jam kerja adalah salah satu bagian proses pembangunan etos kerja, selain kualitas kerja karyawan itu sendiri. “Begitu pentingnya absensi karyawan hingga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk memberikan reward dan punishment. Untuk itu, absensi karyawan harus dilakukan secara mudah dan akurat. Itulah alasannya kenapa saya menciptakan karya inovatif ini,” tegasnya di kampus Teknokrat kemarin (20/1).

Ezi merancang absensi deteksi wajah dan suara melalui webcam. Pegawai hanya perlu mendekatkan wajahnya ke kamera yang tersedia dan mengucapkan kata enter. Kemudian dalam hitungan detik, mesin ini akan menampilkan data dan foto pegawai sehingga pegawai dapat memastikan kehadirannya telah masuk ke basis data sistem. Lebih jauh, remaja kelahiran Bandar Lampung ini menjelaskan, saat sistem mengenali objek, wajah harus tegak lurus atau miring kekiri atau kekanan sebanyak 15 derajat dan berada di depan kamera sekitar 40 cm. Selain itu tidak menggunakan jarak yang jauh pada saat penginputan suara dan gambar. Pencahayaan saat penyimpanan dan pengenalan wajah sangat penting dalam kondisi cukup.

Keunggulan dan kehandalan teknologi kecerdasan buatannya ini bisa membantu instansi atau perusahaan untuk tidak lagi mengeluarkan biaya pembuatan kartu absensi, dan kedisiplinan dapat dipantau secara detail. Efisiensi kerja karyawan pun meningkat karena beberapa proses rutin seperti pembuatan laporan atau perhitungan dilakukan secara otomatis dan cepat. Selain itu, perhitungan jam lembur dilakukan secara otomatis. Terpisah, Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat Nasrullah Yusuf sangat bangga mahasiswanya berhasil menciptakan karya tersebut. “Harapannya, absensi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi instansi pemerintah dan sekolah-sekolah maupun perusahaan untuk meningkatkan kinerja pegawai,” tandasnya. (rls/p3/c1/ade). Radar Lampung, Rabu, 21 Januari 2015.

Go to Top