Mesuji, - Pemerataan pembangunan selalu digalakkan baik oleh pemerintah pusat ataupun daerah. Namun demikian, pada praktiknya tidaklah mudah dan melalui proses yang tidak sebentar. Begitupun upaya pemerintah khususnya provinsi Lampung yang berusaha melakukan pembangunan melalui pemerataan energi listrik hingga ke daerah-daerah lokasi Pusat Lintas Batas Negara (PLBN) seperti Kabupaten Mesuji walaupun masih kurang stabil dan belum merata ke seluruh desa.

Kondisi kurangnya pasokan listrik menyebabkan pemadaman seringkali terjadi dan dalam jangka waktu yang relative lama.

Hal tersebut sangat mempengaruhi aktifitas masyarakat dan tidak terkecuali dalam hal pendidikan atau disekolah utamanya dalam penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dan urusan administrasi sekolah, seperti pengisian rapor dll. Dewasa ini, pengisian rapor harus dikerjakan melalui aplikasi berbasis teknologi yang membutuhkan keterampilan yang belum dimiliki oleh semua guru-guru, khususnya dalam penggunaan formula pada Ms. Excel.

Pentingnya hubungan kegiatan sekolah dan teknologi masih berbanding terbalik dengan ketersedian listrik dimana listrik masih belum stabil dan sering terjadi pemadaman dalam waktu yang relative lama.

Hal ini menyebabkan pemanfaatan teknologi disekolah menjadi terhambat dan kurang maksimal. Oleh karenanya, secara garis besar terdapat dua permasalahan yaitu 1.) Pemadaman listrik yang relative lama dapat menganggu proses kegiatan disekolah baik dalam hal belajar mengajar dan juga proses administrasi khususnya pengisian rapor siswa-siswi sekolah dan 2.) Pengisian rapor siswa-siswi sekolah yang sudah menggunakan aplikasi namun masih membutuhkan adaptasi atau penyesuaian berdasarkan data di sekolah.

Oleh karena itu, Universitas Teknokrat Indonesia sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Lampung, menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), Hibah dari DRPM Kemenristek / BRIN RI tahun pelaksanaan 2020, dengan judul Habis Gelap, Terbitlah Terang: Perancangan Sistem Solar Panel Sekolah untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru di Mesuji Timur pada hari Jumat, 04 September 2020.

Adapun tim Pelaksana PkM ini terdiri dari 3 dosen dan 3 mahasiswa, yaitu: Lulud Oktaviani, M.Pd. (Ketua), Sampurna Dadi R., M.Eng. (Anggota 1), Fatimah Mulya Sari, M.Pd. (Anggota 2), Restu Sahrian Junata (Mahasiswa Teknik Elektro), Agong Chaniago (Mahasiswa Teknik Elektro), Miftahul Chairul Fahmi (Mahasiswa Teknik Elektro).

Pada kesempatan ini kami  mengucapkan terima kasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia terutama kepada Bapak Rektor dan TIM LPPM UTI atas dukungannya sehingga kami dapat memperoleh dana hibah dan dapat melaksanakan kegiatan PkM ini dengan baik.


Berita Lain