Metro, - Tiga mahasiswa Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Kota Metro, tepatnya di PT Haleyora Power.

Ketiga mahasiswa yaitu, Fika Tresnawati, I Gede Arya dan Alif Aji Darmawan. Selama PKL mahasiswa tidak hanya menimba pengalaman di kantor, mereka juga aktif terjun ke lapangan.
Menurut Fika, mahasiswa mendapatkan pelajaran dan pengalaman langsung dari lapangan. Dalam menjalankan aktivitasnya, pihak perusahaan yang notabennya adalah anak perusahaan PT PLN Persero tersebut melakukan pendampingan dan pembimbingan dalam tugas-tugas di lapangan.

"Melalui PKL mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dari perkuliahan. Bahkan di lapangan kami mendapatkan banyak pengetahuan baru dan pengalaman yang berharga. Kami jadi tahu bagaimana para teknisi listrik bekerja melayani masyarakat," tutur Fika.

Fika menambahkan, selama PKL aktivitas yang dilakukan di antaranya pemasangan fuse cut out pada jaringan 20KV, pemasangan KWH 3 phasa pada gardu pemancar indosat, inspeksi PHBTR dan pengukuran nilai tahanan pertanahan, Selain itu mahasiswa juga sering diajak meeting dan breafing bersama manajer PT PLN ULP Kota Metro dan koordinator lapangan PT Haleyora Power.


Satu hal yang menjadi perhatian utama Fika Dkk ketika bekerja di lapangan adalah K3 yakni Kesehatan dan Keselamatan Kerja, terlebih di masa pandemi Covid-19. "Kita harus mengutamakan K3. Kita selalu menggunakan peralatan kerja sesuai K3. Selain itu harus tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19," ujar mahasiswa berprestasi yang aktif di UKM Robotika itu.

Fika mengucapkan terima kasih kepada kampus yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa menjalankan PKL dan kepada pihak perusahaan yang menerima mereka.

Terpisah, Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Mahathir Muhammad berharap mahasiswanya terus bersemangat saat melaksanakan PKL. Ia juga meminta agar mahasiswa PKL tetap menjaga nama baik kampus swasta terbaik di Lampung tersebut.
"Selain menerapkan ilmu yang didapatkan dari kampus langsung dan dipraktikkan di tempat PKL, mahasiswa juga harus menjaga nama baik UTI," ucapnya.