Pesawaran, – Dosen Universitas Teknokrat Indonesia Setyawati, M.Sc, melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), memberi pelatihan penggunaan sistem E-Learning kepada guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Kabupaten Pesawaran. PkM mengambil judul “Pengembangan Aplikasi Berbasis Web sebagai Penunjang Pembelajaran E-learning pada MAN 1 Pesawaran.”

Setyawati dosen Universitas Teknokrat Indonesia salah satu PTS Terbaik di Provinsi Lampung, menjelaskan pelatihan E-learning bertujuan bahwa pengabdian ini adalah agar proses belajar mengajar pada MAN 1 Pesawaran dapat berjalan dengan lancar meskipun guru dan siswa tidak bertatap muka secara langsung.

Materi yang diberikan yaitu pemahaman terkait pentingnya sistem E-Learning dan pelatihan penggunaan sistem E-Learning yang telah dibangun. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 41 peserta, dilaksanakan pada Kamis (10/9/2020). Setyawati berharap, dengan adanya sistem E-Learning ini dapat mempermudah guru dan siswa dalam melaksanakan proses belajar- mangajar pada situasi Covid-19 seperti saat ini.

E-Learning merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik atau murid tidak perlu duduk di dalam kelas untuk menyimak setiap pembelajaran yang disampaikan guru secara langsung. “Dalam keadaan pandemi seperti ini mau tidak mau suka tidak suka kita dipaksa harus bisa meng aplikasikan atau menggunakan sistem E-Learning untuk metransfer pelajaran-pelajaran ke siswa terutama siswa MAN 1 Pesawaran,” ujar Setyawati.
Sementara itu, Kepala MAN 1 Pesawaran Hilman, S.Ag, M.Pd.I, saat membuka pelatihan implementasi sistem E-Learning didampingi Kepala Tata Usaha, Dian Munandar, M.Pd. mengatakan, E-Learning bisa didefinisikan sebagai web sistem pendidikan berbasis pada platform dengan internet, internet atau mengakses komputer.

Menurut Hilman, penyebaran Covid-19 yang akhir-akhir ini berdampak pula pada dunia pendidikan, termasuk di lingkungan madrasah, membuat MAN 1 Pesawaran mengambil langkah melaksanakan pembelajaran dari rumah dan untuk mendukung proses pembelajaran dari rumah.
Karena itu, MAN 1 Pesawaran mengaktifkan metode pelaksanaan pembelajaran E-Learning atau kelas online untuk melakakukan proses pembelajaran jarak jauh.