Bandarlampung, – Program Orientasi Pendidikan Tinggi (Propti) Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Teknokrat Indonesia, menampilkan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, Ph.D dan Pelaksana tugas Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Dr. Nuril Furkan, MPd, secara daring, Kamis (24/9/2020).

Nuril Furkan saat membuka Propti mengucapkan selamat kepada orang tua mahasiswa yang sudah memasukkan putra putrinya di kampus Universitas Teknokrat Indonesia salah satu PTS Terbaik di Provinsi Lampung. Kegiatan Propti memiliki maksud dan tujuan untuk memberi bekal mahasiswa bisa mengenal kampus lebih dekat.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya melalui virtual pada pengenalan kehidupan kampus mengatakan, bahwa pandemik Covid-19 memberikan banyak hikmah pembelajaran. “Metode pembelajaran berbasis teknologi, termasuk pembelajaran secara daring menjadi suatu hal yang harus kita adaptasikan dan kembangkan, seiring dengan dinamika adaptasi kurikulum yang perlu dilakukan oleh pihak perguruan tinggi,” kata Nadiem.
Kondisi ini lanjutnya, diharapkan dapat memicu kreativitas dan inovasi semua pihak di samping menguatkan implementasi adaptasi kebiasaan baru.

Menurut Mendikbud, menjadi mahasiswa artinya memasuki fase kehidupan baru, membentuk jati diri sebagai manusia seutuhnya melalui pendidikan tinggi. “Meneruskan pembelajaran dari Ki Hadjar Dewantara, paradigma pendidikan harusnya berpulang pada kemerdekaan belajar dan kemandirian pelaku belajar untuk mendapatkan nilai dan tujuan hidup sebagai manusia seutuhnya yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa.
Perguruan tinggi didorong untuk lebih adaptif dalam melakukan transformasi kurikulum sesuai kebutuhan nasional dan kebutuhan global, serta disesuaikan dengan karakteristik yang lazim di Indonesia.

Saat ini SKS diartikan dalam jam kegiatan sehingga ada fleksibilitas bagi mahasiswa menuntut ilmu, baik secara tatap muka perkuliahan, maupun kegiatan lainnya seperti magang, mengajar di desa, dan lain sebagainya. “Berbagai kegiatan di luar kampus ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk memberikan solusi atas permasalahan riil yang dihadapi masyarakat,” kata Nadiem.

Kepala LLDIKTI Wilayah II Nuril Furkan mengatakan, merupakan suatu kebanggaan mahasiswa yang baru masuk Universitas Teknokrat Indonesia sudah menjadi calon sang juara. “Karena mahasiswa baru ini telah masuk ke kampusnya sang juara. Dengan masuknya saudara-saudara ke Universitas Teknokrat Indonesia, maka mahasiswa baru harus siap-siap menjadi mahasiswa kampusnya sang juara,” ujar Nuril.

Menurut Nuril, sebutan kampusnya sang juara, menjadi tantangan bagi mahasiswa baru untuk mempersiapkan diri menjadi mahasiswa Sang Juara. Juga sebagai motivasi untuk menjadi mahasiswa yang tidak hanya berprestasi dalam bidang akademik tapi juga berprestasi dalam bidang lainnya.

Kepala DLLDIKTI Nuril berpesan kepada mahasiswa baru Universitas Teknokrat Indonesia harus bangga bisa masuk ke kampus Universitas Teknokrat Indonesia. Karena kampus ini telah meraih berbagai prestasi baik prestasi akademik dan prestasi lainnya tingkat regional, nasional bahkan dunia.

Oleh karena itu, Nuril mengajak kepada mslahasiswa baru Universitas Teknokrat untuk menunjukkan Sang Juara mulai dari Universitas Teknokrat. Nuril juga mengajak kepada mahasiswa baru Universitas Teknokrat menjaga maruwah perguruan tinggi dengan segala macam kegiatan dan di mana berada. “Jagalah maruwah kampus Universitas Teknokrat di mana saudara berada. Yaitu menjaga kampus dengan lebel kampusnya Sang Juara,” ajak Nuril.

Lebih kanjut Nuril menyampaikan mahasiswa harus siap dengan pembelajaran yang diterapkan di Universitas Teknokrat. Menanamkan niat bahwa mahasiswa baru ini nanti akan terlahir dari kampusnya sang juara. “Siapkan diri saudara bahwa, saya akan terlahir dari kampus sang juara. Sehingga dimana saudara berada, maka karakter saudara terlihat dari Universitas Teknokrat,” kata Kepala LLDIKTI.

Karenanya, Nuril mengajak mahasiswa baru Univetsitas Teknokrat untuk mengawali belajar di kampus dengan baik membekali diri dengan berbagai keterampilan dan keunggulan yang dimiliki. Dimana lima tahun ke depan akan menghadapi tantangan yang berat. Karena nanti akan terjadi bonus demografi yang sangat besar. Sehingga dibutuhkan sarjana yang mempunyai keterampilan dan berkarakter.

Pembukaan Propti yang dilaksanakan di Gelanggang Mahasiswa Dr. HM. Nasrullah Yusuf, Kampus Teknokrat, dihadiri Wakil Rektor I Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan dan sivitas akademika Universitas Teknokrat. Kegiatan propti di musim Pandemi Covid-19 ini, akan dilaksanakan dari tanggal 24-26 September 2020 secara daring. Hanya puluhan mahasiswa baru yang dihadirkan dalam pembukaan Propti. Mahasiswa mengikuti materi dari sejumlah pembicara secara virtual dari rumah masing-masing.

   


Berita Lain