Bandarlampung, - Masa pandemi Covid-19 tidak menjadi alasan Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) sebagai salah satu PTS terbaik di Lampung untuk menunda kegiatan. Sebagai kampus yang memiliki Akreditasi A dan Baik sekali, UTI tetap melaksanakan berbagai kegiatan. Satu satunya, melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada guru di Sekolah Menengah Atas.

Belum lama ini, UTI  menyelenggarakan pelatihan penyusunan soal HOTS. Dalam kegiatan tersebut, UTI berkolaborasi dengan guru di SMAN 1 Kotagajah guna peningkatan mutu Guru Bahasa Inggris.

Adapun, Tim yang terlibat dalam kegiatan PKM UTI tersebut yakni Dian Puspita, M.Li., dosen Sastra Inggris, Berlinda Mandasari, M.Pd., Dosen Pendidikan Bahasa Inggris dan Kamelia Sari, serta beberapa mahasiswa Sastra Inggris.

Rektor UTI Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE, MBA menjelaskan bahwa tim PKM telah menyelesaikan kegiatannya dengan mengadakan pelatihan yang dilaksanakanatanggal 29 September 2020 lalu, secara online melalu dua platform yaitu zoom dan google meet.

"Dalam pelatihan ini terdapat tiga kegiatan utama, yaitu pre-test, penjelasan latar belakang penyusunan soal HOTS dan teknis penyusunannya oleh dosen UTI, dan post-test. Acara berjalan dengan lancar".

Setelah pelaksanaan post-test berlangsung, terlihat antusiasme para Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Kotagajah. Hal ini terwujud dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan terkait mengenai penyusunan soal HOTS.

Salah satu guru, Dra. Nirwati., mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan satu progam yang baik karena dapat memberikan penyegaran bagi guru-guru Bahasa Inggris dalam menyusun soal berbasis HOTS.

"Dengan adanya kegiatan pelatihan penyusunan soal Bahasa Inggris berbasis HOTS ini, para guru Bahasa Inggris SMA N 1 Kotagajah diharapkan dapat meningkatkan kemampuannya dalam menyusun soal berbasis HOTS sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa pula," pungkasnya.


Berita Lain