Bandarlampung, – Universitas Teknokrat Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Alumni Indiana University Indonesia menggelar Webinar Internasional secara daring menggunakan ZOOM Meeting pada Kamis, 22 Oktober 2020 pukul 19.00-21.00 WIB.

Webinar Internasional mengangkat tema “Online Teaching in Higher Education Smart Practices from Indiana University (Pembelajaran daring di Perguruan Tinggi : Contoh Cerdas dari Indiana University), diikuti 269 peserta, ada juga peserta dari UK Vietnam dan Thailand.

Peserta Webinar dari alumni Indiana University dari berbagai negara dan Indonesia serta dosen Universitas Teknokrat Indonesia salah satu PTS Terbaik di Lampung. Menyampaikan kata sambutan yaitu ; Director Office of Online Education Indiana University Chris J. Foley, MA, MFA, EdD dan Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA. Keynote Speaker, Director General of Higher Education, Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia Prof. Ir. Nizam, MSc, DIC, Ph.D.

Sedangkan Speakers yaitu, Julia Sanders, MA, Associate Director for Office of Collaborative Academic Program Indiana University. Moderator Webinar Dhiny Novianti, Vice President Yayasan Alumni Indiana University Indonesia (YAIUI),

Dari beberapa pembicara seperti disampaikan Chris J. Foley, learning online di Universitas Indiana telah dilakukan sejak tiga dekade yang lalu. Dengan musim pandemi Covid-19, penerapan online learning lebih inten. Hampir semua prodi mulai dari teknik, kedokteran, sciencetic saat ini sudah mulai melakukan online learning.

Untuk mengoptimalkan online learning, para pembicara mempersiapkan secara matang. Persiapan yang harus dilakukan antara lain interaksi. Interaksi dalam online learning dosen bisa memfasilitasi mahasiswa dengan sumber-sumber bacaan. Interaksi mahasiswa dengan mahasiswa harus ada dengan mengadakan forum-forum diskusi. Dosen diharapkan bisa menyediakan waktu untuk memberi penjelasan ke mahasiswa. Selain itu, dosen juga bisa menyediakan konsultasi online bagi mahasiswa.

Dosen juga bisa menyediakan mode pembelajaran. Mode Synchronous yaitu real time dan mode Asychronous mode pembelajaran yang bisa diulang-ulang.