Rektor Teknokrat Ingin Lulusan Berdaya Saing
Saturday, 17 August 2019

Berita Lain

Rektor Teknokrat Ingin Lulusan Berdaya Saing

Rektor Univerisitas Teknokrat Indonesia (UTI) Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA berharap kepada mahasiswa maupun dosen memiliki daya saing tinggi. Menurutnya, mencetak seseorang dengan satu kemampuan tertentu adalah sesuatu yang mudah, namun hal tersebut tidaklah cukup. Baginya beragam variabel juga harus dimiliki tiap insan yang ingin sukses.

Pertama, harus memiliki nilai tambah. Kemampuan ini, katanya merupakan hal yang penting. “Sekecil apapun harus punya nilai tambah. Konsep ini bukan hal baru,” ujarnya di hadapan yudisium IV UTI di Indoor Gelanggang Mahasiswa UTI, Senin (17/12). Kedua, harus produktif. Ya, nilai tambah yang dimiliki harus produktif. Sehingga bisa bersaing saat berkiprah di masyarakat. Produktif dalam hal ini, katanya, berkaitan dengan kecepatan dalam menghasilkan gagasan dan inovasi baru dalam menyokong kemajuan. Ketiga, efisien dan efektif. Selain bisa menghasilkan banyak produk, tentu harus mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi. Ini merupakan kunci untuk selalu sederhana dan berhemat, tidak serta merta produktif namun tak jelas dalam menentukan anggarannya. Variabel kempat, pembangunan karakter. Untuk membangun karakter harus dimulai sekarang. Lulusan Teknokrat juga harus memiliki karakter yang baik. Mempunyai jiwa nasionalisme, moral, dan kepribadian yang baik.



Bagaimana membangun karakter disiplin, kejujuran, dan etos kerja. “Belajar membangun karakter mulai dari belajar mengurus rumah tangga, itu seperti apa, memasak bagi calon ibu, bagi bapak dia mampu menjadi contoh seorang bapak, itu simpelnya,” terangnya. Dalam kesempatan ini Nasrullah tidak saja berpesan kepada mahasiswa, tapi juga kepada dosen Teknokrat. “Wahai para dosen mari kita belajar ilmu agar kita lebih baik lagi. Kita akan bangga dengan prestasi mahasiswa. Kita juga harus bangga dan senang kalau ada mahasiswa yang lebih pintar dari kita,” ujar Nasrullah. (apr/sur)

Go to Top