Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Pamerkan 100 Karya Bidang IT dan Elektronika
Tuesday, 22 October 2019

Berita Lain

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia Pamerkan 100 Karya Bidang IT dan Elektronika

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia menggelar pameran karya teknologi bertajuk “Exmatek” pada Rabu, 19/6/2019 di Gelanggang Mahasiswa. Karya yang dipamerkan berupa aplikasi game, desain grafis, embeded system, elektronika dasar, dan elektronika terapan. Mahasiswa yang mengikuti pameran berasal dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) yang meliputi 3 program studi yakni Informatika, Sistem Informasi, dan Teknik Elektro. Tercatat ada sebanyak 100 tim mengikuti kegiatan tersebut melibatkan 450 mahasiswa.

Menurut Ade Surahman, M.Kom, penanggung jawab kegiatan, mahasiswa paling banyak menciptakan aplikasi game, yakni 68 aplikasi. Game-game tersebut dibuat dengan berbagai karakter yang unik dan menarik. Salah satu contohnya game “Lamnesia” yang bertemakan tentang penyelamatan satwa. Game tersebut didapuk sebagai aplikasi terbaik pada pameran. Sementara untuk bidang elektronika, dipilih karya berupa alat jemuran otomatis yang memanfaatkan motor penggerak dan sensor pendeteksi hujan. “Kegiatan ini dapat dijadikan patokan sejauh mana daya cipta mahasiswa di bidang teknologi informasi dan elektronika. Di luar dugaan, begitu banyak mahasiswa yang berpartisipasi,” ujar Ade Surahman.

Dalam acara pembukaan, Dekan FTIK Yeni Agus Nurhuda, S.Si., M.Cs mengatakan bahwa kegiatan Exmatek ini sangat membanggakan. Pasalnya di era Revolusi Industri 4.0 ini, kaum milenial jangan hanya bisa menjadi pengguna tetapi juga pencipta. Ia pun berharap mahasiswa lebih meningkatkan lagi kualitas produk yang dihasilkannya. “Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengukur bagaimana kemampuan mereka sesungguhnya. Apakah yang mereka terima di kelas sudah cukup untuk dapat diaplikasikan. Saya berharap karya-karya mahasiswa makin bagus dan dapat diterima manfaatnya oleh masyarakat,” tutur Dekan dalam kegiatan yang bertema “Meningkatkan Daya Cipta Mahasiswa di Bidang Teknologi Industri” 4.0 tersebut di hadapan para peserta. Yeni Agus pun memberi apresiasi kepada para Kaprodi dan para dosen pengampu mata kuliah pemrograman, desain grafis dan elektro. Ia berharap kegiatan seperti ini lebih dimasifkan dengan melibatkan berbagai mata kuliah dari prodi yang ada di FTIK.

Go to Top