Tim Teknokrat Juara 1 Lomba Debat Bahasa Inggris NUDC L2DIKTI Wilayah II

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia kembali meraih prestasi dalam lomba debat Bahasa Inggris tingkat regional Wilayah Sumbagsel. Tim Debat Bahasa Inggris Universitas Teknokrat Indonesia yang tampil yaitu, Qadryza Claudia (Sastra Inggris 2016) dan Siti Rodiah (Sistem Infromasi 2017). Setelah melalui perlombaan dengan persaingan yang cukup ketat, Tim Teknokrat berhasil keluar sebagai juara 1 National University Debating Championship (NUDC) 2019 di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah II.

Kegiatan NUDC yang diikuti sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta ini, berlangsung di Hotel Inna Daira Palembang pada tanggal 21-22 Juni 2019. Tim Teknokrat setelah melewati empat babak penyisihan unggul dengan nilai kemenangan sempurna (12 poin) mengungguli 33 tim lain dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Provinsi Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Tim Teknokrat layak masuk ke babak grandfinal setelah mengalahkan Politeknik Sriwijaya dan Univesitas Sriwijaya pada babak semifinal. Di babak grandfinal, tim Teknokrat bertanding dengan topik penggunaan senjata otomatis dalam konteks perang sebagai tim oposisi melawan tiga perguruan tinggi lainnya.

Akhirnya Tim Teknokrat keluar sebagai juara I, diikuti oleh Universitas Lampung sebagai juara II, Universitas Bina Darma sebagai juara III dan Universitas Bengkulu sebagai juara IV. Tidak hanya sebagai juara 1 tim, Teknokrat juga memperoleh penghargaan lain. Qadryza Claudia memperoleh penghargaan sebagai pembicara terbaik 1, sedangkan Felisia Novita (Sastra Inggris 2018) berhasil menjadi breaking adjudicator, yakni juri dari kalangan mahasiswa yang berkesempatan untuk menjuri sampai babak eliminasi. Ketiga mahasiswi tergabung dalam Teknokrat English Club divisi debat dan telah mempersiapkan perlombaan ini sejak dua bulan terakhir melalui latihan rutin dan latihan intensif membaca isu-isu terbaru dari lintas disiplin.

Dengan keluarnya sebagai pemenang, Tim Debat Bahasa Inggris Teknokrat bersama 7 perguruan tinggi lainnya di L2DIKTI Wilayah II akan mempersiapkan pertandingan tingkat nasional lomba debat ini, yang akan diselenggarakan pada pertengahan bulan Juli 2019 di Surabaya. NUDC merupakan kegiatan tahunan Kemenristekdikti untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan menjadi salahsatu ukuran keberhasilan perguruan tinggi dalam menyelenggarakan kegiatan kemahasasiswaan.

Piagam pemenang diserahkan langsung oleh Kepala L2DIKTI Wilayah II Prof. Dr. H. Slamet Widodo, MS, MM. Atas juara yang diraih Tim Teknokrat, Prof Slamet Widodo mengucapkan selamat kepada tim Teknokrat. Prof Slamet Widodo berpesan agar Tim Teknokrat dan tim yang lolos ke tingkat nasional agar dapat mempersiapkan diri baik dengan baik sehingga bisa kembali mengukir prestasi.



Sementara itu, Pembina Teknokrat English Club, Suprayogi, M.Hum, mendampingi Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, MBA, saat dimintai keterangannya, Sabtu (22/6/2019), merasa bangga dengan prestasi yang diraih Tim Teknokrat dalam lomba debat Bahasa Inggris.

“Kami bangga dengan kerja keras, semangat latihan, dan mental yang mereka bangun untuk menjadi tim yang solid dan mampu menetapkan strategi yang baik di setiap pertandingan. Semoga di national round nanti, mereka bisa maksimal bisa meraih juara sehingga mengharumkan nama Teknokrat dan Provinsi Lampung,” ujar Suprayogi. (W9)