Universitas Teknokrat Gelar Seminar Sport Tourism, Mahasiswa Olahraga Jadikan Peluang Potensi Lampung
Tuesday, 22 October 2019

Berita Lain

Universitas Teknokrat Gelar Seminar Sport Tourism, Mahasiswa Olahraga Jadikan Peluang Potensi Lampung

Program Studi (Prodi) Pendidikan Olahraga Universitas Teknokrat Indonesia memperkaya wawasan tentang sport tourism dengan melakukan seminar olahraga. Seminar yang berlangsung di kampus Teknokrat, Senin (19/8/2019) mengambil tema “Potensi wisata olahraga dalam meningkatkan kunjungan wisatawan”. Seminar ini mendatangkan pemateri dari Jakarta Dr. Nofi Marilna Siregar, M.Pd. Ia merupakan salah satu akademisi yang tidak asing dalam perkembangan olahraga rekreasi dimana dia merupakan Kaprodi Olahraga Rekreasi di Universitas Negeri Jakarta dengan jargonya Olahraga Rekreasi Asik.

Dalam paparanya, Nofi Marlina mengatakan, Provinsi Lampung merupakan provinsi banyak meyimpan potensi wisata, sayang sekali potensi yang besar tidak diakomodir dengan baik. Seorang mahasiswa olahraga harusnya melihat ini menjadi sebuah peluang besar untuk menjadikannya sebagai pekerjaan baru dalam ranah olahraga. Jangan berorientasi bahwa seorang yang kuliah pendidikan olahraga hanya menjadi seorang guru saja, bisa kita lihat dalam ranah potensi daerah saja seorang sarjana olahraga mampu menjadi pemilik travel wisata, agen perjalanan sport tourism dan masih banyak lagi.

Nofi menjelaskan, Sport Tourism atau pariwisata olahraga adalah perjalanan jauh berbasis olahraga dari lingkungan rumah untuk waktu yang terbatas. Dimana olahraga ditandai oleh rangkaian aturan yang unik, persaingan yang berkaitan dengan kecakapan fisik, dan sifat menyenangkan. Merupakan kegiatan yang mengkombinasikan olahraga sekaligus bertujuan mempromosikan pariwisata suatu daerah. Dalam membangun pasar wisata olahraga akan sangat penting untuk suatu negara mengenal dan mengerti keuntungan dan hasil dari wisata berolahraga papar nofi dalam seminar olahraga.

Dalam paparannya, Nofi mengatakan sport tourism terbagi menjadi tiga aspek yaitu,
1. Sport Event Tourism seperti Event wisata olahraga termasuk didalamnya perayaan olahraga besar seperti Olympic Games, FIFA World Cup dan Asian Games. Acara-acara tersebut adalah acara olahraga yang sangat menarik minat media dan masyarakat. Pesta Olahraga besar mempunya hawa yang unik karena mendapat perhatian yang besar, Reputasi baik dan ditonton Dunia.

2. Active Sport Tourism Kegiatan olahraga yang diikuti para turis dari berbagai macam negara dalam perlombaan olahraga sehari-hari sekaligus berwisata. Kegiatan ini sering diadakan seperti lari 10km , sepeda gunung, atau mendaki sebuah gunung yang nantinya menjadi suatu kegiatan yang diikuti banyak orang bahkan mampu mendunia

3. Nostalgia Sport tourism mengunjungi tempat-tempat bersejarah dalam dunia Olahraga atau tempat-tempat yang pernah menjadi venue pertandingan dari atlet yang terkenal.

Selain harus mengetahui apa fungsi dan peranan sport tourism sebagai potensi besar, kita juga harus memamahi ilmunya. Sehingga kelak apabila kita sudah berjalan dalam pembangunan wisata olahraga kita tidak merusak sumber daya alam itu sendiri, selain ada segi positifnya ternyata memiliki sisi negatif seperti perusakaan alam, cagar alam, dan perusakan lingkungan. Untuk itu, perlu diberi wawasan dan pengetahuan yang baik untuk sama-sama menjaga alam sebagai warisan turunan yang terus dijaga oleh kita.
Dalam seminar tersebut mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Teknokrat Indonesia ditantang oleh narasumber untuk membuat event yang nantinya akan digagas oleh mahasiswa prodi olahraga.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu pendidikan Akhyar Ridho S.S, M.A, Ph.D mengatakan, seminar olahraga ini merupakan terobosan baru dimana menggabungkan dua disiplin ilmu yaitu pariwisata dan olahraga. Nantinya kampus akan terus membuat sebuah terobosan dengan harapan akan melahirkan sarjana yang berkulitas dan memilki kompetensi disetiap bidang ilmu. “Untuk hal seperti ini kami akan terus mendukung dan terus berupaya secara maksimal,” ujar Akhyar.

Sedangkan Rizki Yuliandra, M.Pd Ketua Program Studi Pendidikan Olahraga Univeristas Teknokrat Indonesia mengatakan, Prodi Olahraga akan terus berlari untuk mencetak sarjana yang siap kerja dan menghasilkan pemimpin bangsa.

Untuk itu, kami akan terus menambah semua kompetensi mahasiswa tidak hanya dengan berkuliah saja, tetapi kita akan melibatkan mahasiswa dalam penelitian, pengabdian serta kegiatan seminar nasional atau internasional. Cara seperti ini yang akan terus kita bangun untuk melahirkan kualitas mahasiswa yang ada diprodi kami. Bisa kita lihat saat ini mahasiswa kami adalah mahasiswa “Sang Juara” dibuktikan dengan selalu mendominasi dalam setiap Kejuaraan atau event olahraga yang ada di Provinsi Lampung.

“Prestasi itu tidak membuat kami puas diri, kami menyiapkan mahasiswa kami kuat dalam setiap kompetensi sehingga menjadikan mahasiswanya “Sang Juara,” tambah Rizki. (W9)

Go to Top