Prodi Pendidikan Matematika Teknokrat Gelar Pelatihan Pengolahan Data Berbasis Teknologi
Sunday, 15 December 2019

Berita Lain

Prodi Pendidikan Matematika Teknokrat Gelar Pelatihan Pengolahan Data Berbasis Teknologi

Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Teknokrat Indonesia terus meningkatkan kemampuan mahasiswa terutama menghadapi era teknologi. Berkaitan dengan itu, Prodi Pendidikan Matematika Universitas Teknokrat Indonesia mengadakan Pelatihan Pengolahan Data berbasis Teknologi menggunakan perangkat lunak Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 2.3 di Laboratorium A, kampus setempat, Kamis (5/9/2019). Pelatihan tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) UTI, Akhyar Rido, S.S., MA, Ph.D.

Rido menyampaikan, bahwa penguasaan Statistika berbasis Teknologi merupakan salah satu kompetensi unggulan yang harus dimiliki mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Teknokrat Indonesia, selain menguasai bidang keilmuan Matematika. Lebih lanjut Rido menegaskan, bahwa empat kompetensi yang wajib dimiliki seorang pengajar bidang ilmu matematika yakni, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi personal, dan kompetensi sosial.

Pelatihan yang diorganisir oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Matematika dihadiri 40 orang mahasiswa terbaik Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia yang berasal dari Program Studi Pendidikan Matematika dan perwakilan dari Himpunan Mahasiswa (HIMA) lain. Peserta pelatihan terlihat antusias untuk mengikuti pelatihan yang terdiri dari dua sesi materi, yaitu pengolahan data statistik deskriptif dan pengolahan data statistik Inferensial. Pengolahan data statistik deskriptif terdiri daripengolahan data numerik dan membuat diagram dengan menggunakan SPSS.

Selanjutnya pengolahan data statistik inferensial terdiri dari Uji Normalitas dengan Uji Kolmogorov Smirnov, kemudian Uji Pebedaan Dua Rata-Rata dengan Uji Independent Sample T-Test dan UjiMann-Whitney U, serta uji korelasi menggunakan Uji Korelasi Pearson dan Spearman. (W9)

Go to Top