Teknokrat Gelar Olimpiade Bahasa Matematika dan Wirausaha 2019
Friday, 21 February 2020

Berita Lain

Teknokrat Gelar Olimpiade Bahasa Matematika dan Wirausaha 2019



Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia menggelar Olimpiade Bahasa Matematika dan Wirausaha 2019 di Gelanggang Mahasiswa Dr. HM. Nasrullah Yusuf (20/12). Kegiatan ini merupakan ajang perlombaan tahunan yang diikuti oleh 701 mahasiswa dari tiga Fakultas, yakni Fakultas Sastra dan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Terdapat tiga bidang perlombaan yakni bidang Bahasa, Bidang Matematika, dan bidang Wirausaha dengan 18 tangkai lomba yang diperjuangkan oleh mahasiswa Teknokrat.

Kegiatan Olimpiade Bahasa Matematika dan Wirausaha 2019 yang mengangkat tema “Menyongsong Indonesia Emas 2045 dengan Semangat Kompetisi” ini bertujuan untuk meningkatkan literasi Bahasa, Matematika dan menumbuhkan kesadaran Wirausaha mahasiswa melalui berbagai cabang lomba yang diikuti. Hal ini menjadi awal dalam melahirkan mahasiswa-mahasiswa bertalenta yang mampu berprestasi di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Pada kegiatan ini, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia yang diwakili oleh Wakil Rektor IV, Bapak Achmad Yudi Wahyudin, M.Pd., berkesempatan membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan literasi Bahasa dan Matematika saat ini dengan merujuk pada statistik English Proficiency Index dan Nilai PISA negara Indonesia yang berada di tingkat atau kategori rendah. Di samping itu, beliau juga memotivasi seluruh mahasiswa untuk menumbuhkan kesadaran akan berwirausaha karena wirausaha merupakan salah satu cara untuk membangun perekonomian masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan lain, Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Bapak Akhyar Rido, S.S., M.A., Ph.D., sangat mengapresiasi Olimpiade Bahasa Matematika dan Wirausaha 2019. Dekan FSIP mengingatkan bahwa literasi lama dan literasi baru harus dikembangkan. Dalam literasi baru, terdapat tiga hal yang harus dikuasai oleh mahasiswa, yakni literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan softskills seperti competitive, collaborative dan adaptive bagi seluruh peserta yang mengikuti ajang perlombaan yang akan ditutup Sabtu (21/12) di Gelanggang Mahasiswa Dr. HM. Nasrullah Yusuf kampus setempat.

Go to Top