Mahasiswa Teknokrat Perkenalkan Budaya Lampung lewat Aplikasi Augmented Reality
Saturday, 28 March 2020
< >

Menpora Klaim Gelanggang Teknokrat Terbaik se-Indonesia

Juara I Lomba IT Nasional ITOBA FEST 2017

Teknokrat Juara I Debat Se-Asia di Jakarta

Juara I Lomba Berbalas Pantun Tingkat Sumatera

Menjadi Anggota Paduan Suara Gita Bahana Nusantara

Teknokrat Juara Robot Terbang Nasonal

Students' Researches

Latest News

Mahasiswa Teknokrat Perkenalkan Budaya Lampung lewat Aplikasi Augmented Reality

Berawal dari kepedulian terhadap kebudayaan lokal, mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, Gilang Hermawan menciptakan sebuah aplikasi berbasis android yang bertujuan untuk mempromosikan cagar budaya Lampung. Aplikasi tersebut bernama Augmented Reality.

Gilang mengungkapkan,  cagar budaya yang diperkenalkan adalah cagar budaya yang terdapat di Museum Lampung. Aplikasi tersebut menggunakan beberapa tools seperti : Unity, Vuforia, dan Blender.

“Aplikasi ini dibuat untuk menambah daya tarik bagi masyarakat Lampung dalam mengenali Cagar Budaya Lampung,” tutur mahasiswa yang kini sudah menjadi alumni tersebut.

Aplikasi tersebut merupakan kegiatan penelitian skripsi. Ia memutuskan untuk membuat aplikasi tersebut karena melihat media informasi pengenalan Ragam Budaya Lampung yang kurang menarik bagi masyarakat.

Menurut Gilang metode yang digunakan dalam penelitiannya yakni Markerles Based Trakcing dan Android Based Augmented reality. Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Cagar Budaya Lampung diuji menggunakan ISO 9126 dengan hasil mudah dipelajari dan mudah digunakan.

“Memang ada kendala pada alat tersebut yakni pada kualitas kamera dan pencahayaan. Namun hasil pengujian menunjukan bahwa aplikasi ini menarik, dan layak untuk dikembangkan kembali. Aplikasi saat ini sedang dikembangkan lebih lanjut,” jelasnya alumni Program Studi Informatika angkatan 2013 tersebut.

Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Yeni Agus Nurhuda, S.Si., M.Cs. mengaku gembira dengan banyaknya alat atau aplikasi yang diciptakan oleh mahasiswa. Ia pun terus mendorong mahasiswa untuk dapat melakukan riset-riset yang inovatif dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Di era disrupsi seperti sekarang ini, kita harus dapat menciptakan karya-karya teknologi yang berguna dan memudahkan masyarakat. Karena dengan demikian kita akan maju. Di Teknokrat kami sangat mendukung mahasiswa untuk melakukan riset-riset inovatif,” tutur Dekan. (*)

Academic Calendar

Daftar Ulang Mahasiswa
22 Januari - 8 Februari 2020
Masa Perkuliahan Semester Genap 
17 Februari – 13 Juni 2020
Ujian Tengah Semester Semester
6 - 11 April 2020
Ujian Akhir Semester
22 Juni - 4 Juli 2020

 

Academic Information

Form Pengajuan Judul PKL disini
Form Perubahan Judul PKL disini
Form Syarat Sidang PKL disini
Form Pengajuan Judul Proposal disini
Form Perubahan Judul Proposal disini
Form Syarat Sidang Proposal disini
Form Syarat Sidang Skripsi disini
Form Daftar Hadir Sidang disini
Form Peminjaman Ruangan disini

Pedoman Pengecekan Matakuliah Untuk Skripsi disini
Contoh Penulisan judul Praktik Kerja Lapangan disini

Form Pendaftaran Hadir Sidang Skripsi download disini.

Form Peminjaman Ruangan download disini.

Form Syarat Pengajuan Judul Skripsi download disini.

Form Syarat Seminar Proposal download disini.

Form Syarat Sidang Skripsi download disini.

Kartu Kendali Bimbingan download disni

 


Brosur Universitas Teknokrat Indonesia 2019 Ada Disini

Panduan Olimpiade Nasional MIPA-PT Ada Disini

Lowongan Kerja DOSEN Komputer Download Disini
Lowongan Kerja DOSEN Ekonomi/Manajemen Download Disini 
Lowongan Kerja DOSEN Sipil dan Elektro Download Disini
Lowongan Kerja STAFF Multimedia Disini
Go to Top

Our Location