TEKNOKRAT JUARA FAVORIT PIDATO BAHASA JEPANG NASIONAL
en id
Tuesday, 25 June 2019

Latest News

TEKNOKRAT JUARA FAVORIT PIDATO BAHASA JEPANG NASIONAL

Prestasi kembali diukir oleh mahasiswa STBA Teknokrat di ajang nasional melalui Nurani Istiqomah, mahasiswi bahasa Jepang semester II. Nurani berhasil menjadi juara Favorit Lomba Pidato Bahasa Jepang ke-10 Tahun 2012 Universitas Darma Persada Tingkat Perguruan Tinggi Nasional. Dalam kompetisi yang diselenggarakan Takushoku University , PERSADA (perhimpunan alumni dari Jepang) dan Universitas Darma Persada pada 15-16 September 2012 ini, Nurani mengalahkan 20 peserta lainnya yang berasal dari universitas-universitas di Jakarta, Bandung, Jabodetabek dan Sumatera. 

 

Dalam perjalanannya untuk sampai  juara favorit , Nurani harus melewati dua tahapan, yakni seleksi internal dari STBA Teknokrat dan babak penyisihan Lomba Pidato Bahasa Jepang ke-10 Tahun 2012 Universitas Darma Persada Tingkat Perguruan Tinggi Nasional. 

  

Kompetisi dibabak penyisihan ini diikuti oleh 24 peserta dari 8 perguruan tinggi se-Jawa Sumatera. STBA Teknokrat meloloskan 2 dari 3 peserta yaitu Nurani Istiqomah dan Riskhi Sicindawini untuk maju kebabak final di mana mereka harus bersaing dengan perguruan tinggi dari seluruh Jawa & Sumatera.

 

Dalam kali pertama STBA Teknokrat ikut serta dalam lomba ini, Nurani  membawakan pidato yang berjudul “Nihongo Yaku ni Tatsu kana” Pidato ini bercerita tentang pengalaman belajar bahasa Jepang yang mungkinnya nati akan berguna bagi semua orang. "Harapan kami tentunya agar Nurani dapat menjadi juara nasional kembali ditahun mendatang ,” tambah Araki Mari Sensei, dosen penutur asli bahasa Jepang bantuan JICA .(ASe)
 
☆【第10回UNSADA日本語弁論大会全国大会】☆

9月15日、16日にジャカルタのUNSADA(UniversitasDarmaPersada)で行われた、第10回日本語弁論大会全国大会でSTBA Teknokratの学生、Nurani IstiqomahさんとRiskhiSucindawiniさんが決勝(けっしょう)に残(のこ)り、Nuraniさんは審査員(しんさいん)特別(とくべつ)賞(しょう)を受賞(じゅしょう)。

受賞(じゅしょう)したタイトルは「日本語、役に立つかな・・・」。周りの人に「日本語を勉強して、役に立つの?」と言われ、自信をなくしていた自分が、最後には自分なりの希望(きぼう)を見つけた経験談(けいけんだん)。

Nuraniさんは日本語の勉強を始めてまだ1年。今回初めて弁論大会に参加し、見事(みごと)入賞(にゅうしょう)。
「来年はさらに上を目指(めざ)してがんばります!」と語ってくれました。
Go to Top